Beranda Pemilu KPU KPU Sulut Ungkap Alasan Minahasa Jadi Lokasi Debat Kedua Cagub dan Cawagub...

KPU Sulut Ungkap Alasan Minahasa Jadi Lokasi Debat Kedua Cagub dan Cawagub Sulut 2024

13
0

IKNews-SULUT– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi utara menggelar Media Gathering jelang persiapan Debat Kedua Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) 2024 bertempat di Aula KPU Kabupaten Minahasa, Rabu (23/10) Pagi

Dalam kesempatan tersebut, Anggota KPU Sulut, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Meidy Tinangon mengatakan bahwa alasan di pilihnya Kabupaten Minahasa sebagai lokasi debat kedua yaitu karena selain memperhatikan aspek Geografis-Geopolitik, Minahasa memiliki cultural yang mumpuni baik demokrasi lokal, budaya, kearifan lokal dan masyarakat adat yang secara historis cocok untuk pelaksanaan debat ini.

“Secara historis, sebelum Indonesia merdeka, praktek demokrasi telah dilakukan di Minahasa. Sudah ada lembaga legislatif di tanah Minahasa yang dikenal dengan Minahasa Raad, yang ini menjadi pertimbangan pelaksanaan debat kedua ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Tinangon menegaskan bahwa berkaca dari pelaksanaan debat pertama di Kotamobagu, pelaksanaan debat kedua hari ini dipastikan lebih baik dari sebelumnya.

“Kami belajar dari debat pertama. Maka kami evaluasi, sehingga kami berharap debat kedua dapat berjalan dengan baik. Antisipasi sudah dilakukan, baik ketersedian listrik dan jaringan. Pihak Kepolisian juga bersama-sama untuk menjaga kelancaran acara,” pungkasnya sembari mengatakan kerahasiaan pertanyaan oleh panelis juga dijamin oleh KPU Sulut. Panelis juga dipercaya beritegritas, ahli di bidangnya.

Sementara itu Karo Ops Polda Sulut, Kombes Pol Dr Set Stefhanus Lumowa S.IK MSi mengatakan bahwa untuk kesiapan dalam pengamanan di debat kedua ini kami menyiapkan 600-800 personil.

“Kesiapan ini dilanjutkan dengan sistem pengamanan kita, dimana Polda dan Polres bersama unsur terkait dari Kodam, jadi semuanya ini dilandaskan pola operasi, didukung dengan dasar-dasar hukum atau peraturan KPU,” tuturnya

Di tempat yang sama, Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Sulut, AKBP Meinhart Wowiling menegaskan bahwa Polda Sulut siap mengamankan Debat Kedua.

“Kita ketahui bersama, Debat Kedua ini di Minahasa, tidak menutup kemungkinan masa atau relawan dari ketiga Pasangan Calon akan datang meramaikan, jadi kami benar-benar harus ekstra pengamanannya,“ tutupnya

Perlu diketahui, Debat Kedua ini mengangkat tema Pendidikan, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga, Kesejahteraan dan Inklusi sosial, Perlindungan Perempuan, Anak dan Penyandang Disabilitas, Penguatan Demokrasi Lokal, Hukum dan HAM, Budaya, Kearifan Lokal dan Masyarakat Adat. Dan akan di laksanakan di Gedung Wale Ne Tou Minahasa, Pukul 14.00 Wita.
(Des)*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini