Beranda Pemilu Bawaslu Herwyn Malonda Semangati Jajaran Bawaslu Manado

Herwyn Malonda Semangati Jajaran Bawaslu Manado

68
0
Kordiv SDM Bawaslu, Herwyn Malonda menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Jalan Raya Manado-Bitung, Watutumou, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (22/07/2024).

IKNews, MANADO – Kordiv SDM Bawaslu, Herwyn Malonda menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Jalan Raya Manado-Bitung, Watutumou, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (22/07/2024).

Kordiv SDM Bawaslu RI, Herwyn Malonda, mengatakan pengawasan pemilu merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. Menurutnya, Bawaslu menerima kritik dan masukan dalam menjalankan tugas yang diamanatkan undang-undang.

“Perjalanan pemilu kita semakin lebih baik, meskipun masih banyak hal yang perlu dikritisi. Secara hierarki, pengawasan pemilu ada di Bawaslu. Namun, seluruh masyarakat ikut mengawasi jalannya pemilu. Semua warga negara ikut bertanggung jawab terhadap proses demokrasi,” katanya.

“Oleh sebab itu, ada akses kanal di Bawaslu dalam bentuk aduan dan laporan untuk menghadirkan keadilan. Kritik juga bisa disampaikan, yang dilindungi UUD 1945 untuk hak berserikat, berkumpul, dan menyampaikan pendapat,” lanjutnya.

Herwyn juga menekankan pentingnya kehadiran masyarakat dalam proses demokrasi. Begitu pula dengan partai politik, yang dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Bawaslu, lanjutnya, bertanggung jawab atas pengawasan seluruh proses tahapan pemilu. Upaya yang dilakukan meliputi pencegahan, penindakan, dan partisipasi masyarakat. “Banyak laporan aduan dugaan pelanggaran pemilu merupakan bagian dari partisipasi masyarakat. Termasuk banyaknya isu yang berseliweran menjadi bagian dari partisipasi masyarakat dalam proses kontestasi dan demokrasi saat ini.”

Terkait masalah Sirekap yang banyak dibicarakan publik, Herwyn mengaku telah memberikan surat imbauan kepada KPU untuk menghentikan hasil sementara penghitungan suara, namun tetap menampilkan C-hasil. “Sirekap harus tetap meng-upload C-hasil agar bisa diawasi publik. Memang banyak masalah di Sirekap, seperti pengisian yang belum dipahami atau alat yang belum memadai, misalnya konversi gambar menjadi angka yang belum tepat,” akunya.

Setelah pengarahan, acara dilanjutkan dengan materi dari beberapa narasumber. Kegiatan ini dihadiri sejumlah Anggota Bawaslu Sulut, Bawaslu Kota Manado, Minut, Bitung, dan awak media.

Reporter: Fikri Mazanaris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini