Beranda Pemilu Bawaslu Bawaslu Bolmong Intensif Awasi Rapat Pleno DPHP di Tingkat Desa dan Kelurahan...

Bawaslu Bolmong Intensif Awasi Rapat Pleno DPHP di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pilkada 2024

69
0
Bawaslu Bolmong Intensif Awasi Rapat Pleno DPHP di Tingkat Kecamatan untuk Pilkada 2024. (Gie)

IKNews, Bawaslu Bolmong – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) memperketat pengawasan Rapat Pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat desa dan kelurahan untuk Pemilu 2024.

Akim Mokoagow, S.I.P, menjelaskan bahwa data hasil pencocokan dan penelitian (coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) direkapitulasi di tingkat Desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan kemudian direkapitulasi di tingkat Kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui Rapat Pleno Terbuka di 15 Kecamatan se-Kabupaten Bolmong.

“Tugas Bawaslu adalah memastikan rapat pleno dihadiri dan dilaksanakan sesuai regulasi, khususnya PKPU 7/2024,” kata Akim.

Supervisi ini memastikan jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mengawasi rapat pleno terbuka DPHP agar berjalan sesuai regulasi.

Rapat Pleno Terbuka DPHP yang menjadi bagian dari Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) ini berlangsung serentak pada 2 Agustus 2024. Tahapan selanjutnya akan dilaksanakan di tingkat Kabupaten.

Sorotan dalam rapat pleno ini meliputi:
1. Data Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seperti pemilih yang meninggal, ganda, di bawah umur, pindah domisili, anggota TNI/Polri, salah penempatan TPS, dan WNA.
2. Pemilih Tidak Dikenali.
3. Saran perbaikan dan tindak lanjut.
4. Jumlah pemilih hasil pemutakhiran data pemilih.

Keempat poin tersebut akan terus dipantau oleh jajaran Bawaslu untuk memastikan data pemilih sesuai ketentuan undang-undang.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini