Beranda Kabupaten Labuhanbatu Pemkab Labuhanbatu Raih Penghargaan Juara I Lomba Inovasi Daerah 2024 di Medan

Pemkab Labuhanbatu Raih Penghargaan Juara I Lomba Inovasi Daerah 2024 di Medan

89
0
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu raih penghargaan Juara I pada Lomba Inovasi Daerah di acara North Sumatera Inovation tahun 2024 yang dilaksanakan di Medan se Sumatera Utara.

IKNews, LABUHANBATU – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu raih penghargaan Juara I pada Lomba Inovasi Daerah di acara North Sumatera Inovation tahun 2024 yang dilaksanakan di Medan se Sumatera Utara.

Penghargaan yang diraih Pemkab Labuhanbatu diterima oleh Sekretaris Daerah Ir. Hasan Heri Rambe yang diserahkan langsung dari Pj. Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni di lapangan Kantor Gubernur Sumut, Rabu (31/07/2024).

Adapun inovasi yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di bawah kepemimpinan Pelaksana Tugas Bupati Labuhan Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM yakni Inovasi Gerakan Anti Stunting Penurunan Prevalensi Untuk Labuhanbatu (GASPUL).

Inovasi ini digalakkan melalui Dinas Kabupaten Labuhanbatu. Pemenang diputuskan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara Nomor: 400.3.3.4/570/BAPPELITBANG/VII/ 26 Juli 2024 tentang penetapan pemenang lomba inovasi daerah tingkat provsu tahun 2024.

Saat diwawancarai, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Friska E Simanjuntak mengatakan salah satu program unggulan dari GASPUL yaitu olahan ikan gamak yang hanya ada di kabupaten Labuhanbatu sehingga memodifikasi menjadi makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, karena dari komposisi gizi bisa meningkatkan pertambahan tinggi/panjang badan untuk balita dan mengurangi penambahan jumlah ibu hamil kurang energi kronik, serta meningkatkan produksi asi pada ibu bersalin sehingga cakupan asi ekslusif terus meningkat.

Sementara itu Pj. Gubernur Sumut Agus Fatoni mengatakan melalui Gerakan Inovasi Serentak se-Sumut tersebut bertujuan untuk mendorong seluruh pihak secara bersama-sama menciptakan inovasi di setiap bidang. Hal ini diharapkan apapun yang dicita-citakan kedepannya, khususnya kemajuan Sumut dapat cepat tercapai.

“Gerakan ini merupakan komitmen kita dalam kekompakan untuk melakukan inovasi, sehingga harapan kita, yaitu kemajuan Sumut bisa tercapai,” kata Fatoni.

Menurut Fatoni, dengan inovasi maka seluruh program pembangunan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Jika sudah begitu, tujuan yang diinginkan bersama pun akan cepat terwujud.

“Dengan inovasi, banyak yang bisa kita kerjakan bersama, capaian yang kita tuju bisa cepat, efisien dan hasilnya pasti jauh lebih baik, apabila kita kerjakan dengan cara yang luar biasa atau inovatif,” ucap Fatoni.

Turut Hadir Asisten III Setdakab Zaid Harahap, S.Sos., dan Kepala Bappeda Hobbol Z Rangkuti, Kepala Balitbang Zuhri. (Heri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini