Beranda Kabupaten Kendal Poltekkes Kemenkes Semarang Dampingi Pengelolaan Data Skrining Kesehatan Siswa SD di Puskesmas...

Poltekkes Kemenkes Semarang Dampingi Pengelolaan Data Skrining Kesehatan Siswa SD di Puskesmas Srondol

11
0
Gambar: Poltekkes Kemenkes Semarang Dampingi Pengelolaan Data Skrining Kesehatan Siswa SD di Puskesmas Srondol, (20/8/2024).

IKNews, SEMARANG – Poltekkes Kemenkes Semarang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pendampingan pengelolaan data skrining Kesehatan siswa Sekolah Dasar. Di SDN Srondol Wetan 01 Semarang, Selasa (20/08/2024).

Kegiatan ini di hadiri oleh, Asharul Fahyudi S.Kom.M Kom, Nina Dwi Astuti, S.KM.M.K.M,
Indah Naryanti, S.KM.M.K.M, Manzilina Hani BaitybJannaty, S.Psi,M,Psi, Psikolog.

Kesehatan siswa Sekolah Dasar merupakan salah satu aspek penting yang memerlukan perhatian khusus untuk mewujudkan generasi sehat, aktif dan Produktif, Dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan siswa di wilayah Kecamatan Banyumanik, maka Poltekkes Kemenkes Semarang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan pengelolaan data skrining kesehatan Siswa Sekolah Dasar.

Melalui Kegiatan yang bekerja sama dengan Puskesmas Srondol, Kesehatan siswa dapat di monitor secara lebih efektif dan harapannya” deteksi dini masalah kesehatan dan intervensi siswa menjadi tepat sasaran, Sehingga dapat sebagai pedoman dalam menyusun program pembinaan kesehatan sekolah dan bermanfaat data untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi program pembinaan peserta didik”.

Proses Skrining kesehatan yang di lakukan meliputi”pemeriksaan fisik, Pengukuran status gizi, imunisasi dan kesehatan gigi, Data yang di peroleh dari skrining ini kemudian di kelola menggunakan sistem informasi yang telah di kembangkan untuk memastikan pencatatan yang akurat dan standar”Jelasnya.

“Kesesuaian pengelolaan data skrining kesehatan Siswa Sekolah Dasar pada Wilayah kerja Puskesmas Srondol pada proses input dan pelaporan data skrining kesehatan Siswa Sekolah Dasar ke Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dengan demikian pihak sekolah dapat dengan mudah mengakses dan menganalisis data Kesehatan siswa untuk mendukung kebijakan kesehatan Siswa yang semula di kelola secara manual menjadi elektronik” paparnya.

Pendampingan diberikan kepada penanggung jawab Usaha Kesehatan Sekolah penggunaan sistem ini, memastikan bahwa setiap Sekolah dapat menjalankan program ini dengan optimal.

“Pengembangan sistem informasi yang handal juga mempermudah integrasi data dari berbagai sekolah, sehingga dapat memberikan gambaran kesehatan yang lebih luas di wilayah tersebut, Dengan adanya pendampingan dan pengembangan sistem informasi ini, di harapkan kesehatan Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Banyumanik dapat terjaga dengan baik, serta mampu mendukung upaya peningkatan kualitas hidup sehat generasi emas di masa depan,” imbuhnya.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini