Beranda Kabupaten Kendal Musyawarah Desa Penetapan RKPDES Tahun Anggaran 2025 dan Pembahasan Tambahan Penyusunan RPJMDes...

Musyawarah Desa Penetapan RKPDES Tahun Anggaran 2025 dan Pembahasan Tambahan Penyusunan RPJMDes di Desa Damarsari

5
0
Gambar: Musyawarah Desa Penetapan RKPDES Tahun Anggaran 2025 dan Pembahasan Tambahan Penyusunan RPJMDes di Desa Damarsari, (18/10/2024).

IKNews, KENDAL – Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2025 dan Pembahasan Tambahan Penyusunan RPJMDes di aula Balai Desa Damarsari, Kecamatan Cepiring Jumat (18/10/2024).

Di hadiri Kegiatan ini, Kepala Desa,Perangkat Desa, Plt.Camat Drs. DWI CAHYONO SURYO, M.A.P, Bidan Desa Damarsari, Pendamping desa, BPD dan anggota, Perwakilan dari Dusun, Lembaga Kemasyarakatan Desa, terdiri dari RT, RW, ketua dan pengurus TP. PKK Desa, LPMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karangtaruna.

Plt. Camat Cepiring Drs. Dwi Cahyono Suryo, M.A.P menyampaikan, “RKPDES tidak serta merta ada, semua sudah melalui prosedur yang benar melalui penyusunan RPJMDES. Pemerintah desa melakukan skala prioritas yang harus dilaksanakan terlebih dahulu,” terangnya.

“Kalau di Desa Damarsari Khasnya Tusuk sate, ya saya berfikir kalau patokannya tusuk sate itu lebih murah, hanya itu-itu, turunan bambu itu variasi bambu kan banyak sekali kegunaannya, kan sudah ada basiknya mengolah bambu, lha itu kan bisa dibentuk macam-macam, ada anyaman ada untuk kerajinan bentuk produk anyaman kan bisa, ini nilainya untuk sekarang kan bisa divariasi lebih mahal dari pada tusuk sate, seperti donat dibentuk dikemas nilai jualnya kan lumayan, dipasarkan juga lumayan, dan berfikirnya tidak terpaku dari pada dulu seperti itu sekarang seperti itu, harus ada perkembangan, inovatif, kreatif, dan ada kemajuannya, dan saya yakin mereka bisa membuatnya,” imbuhnya Drs. DWI CAHYONO SURYO, M.A.P.

Kades Damarsari Nurhadi, “Karena keterbatasan anggaran maka yang belum terealisasin tentunya tetap akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, RKPDes ini pertama untuk tahun 2025 yang berkaitan dengan hasil Musrenbang kemarin, penetapan hari ini untuk tahun 2020 hari Jumat untuk pelaksanaan dan sudah disetujui langsung, Insya Allah tetap berjalan sesuai program yang ditetapkan RPJMDes 2 Tahun memang tadi belum sempat disampaikan,” pungkaas Nurhadi.

“Tapi yang jelas untuk 2 Tahun RPJMDes-nya yang pertama, yaitu melanjutkan program pembuatan gedung serbaguna dan pembuatan pengolahan sampah, dan sudah dimusyawarahkan bareng-bareng dan disetujui dan mudah-mudahan terlaksana, terkait BUMDES berjalan cuma Masih kecil orientasinya karena program untuk pengolahan belum selesai, jadi BUMDES orientasi ada simpan pinjam masih berjalan, dan pengembangan pembikinan sudah kita laksanakan cuma orientasinya kurang enak, seolah-olah dari awal karena tidak sesuai dengan harapan yang kita lakukan, ternyata mereka tidak mau kita beli, karena apa misake, katanya kasihan pelanggan nya, kita kendala di situ, padahal alat untuk open itu sudah kita setujui, dan BUMDES itu tetap bisa jalan dan layak, BUMDES juga sudah ada peningkatan saat ini, dan untuk sampah itu yang berjalan untuk swasta, untuk mandirinya kan masih dalam proses,” terangnya Kades Damarsari.

“Kedepan mudah-mudahan dengan baik, dan berjalan lancar dan kita bisa bermanfaat untuk Masyarakat Desa Damarsari,” harapan Nurhadi.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini