Beranda Kabupaten Kendal Masa Pengenalana Lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah Purin Kendal TA 2024/2025

Masa Pengenalana Lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah Purin Kendal TA 2024/2025

52
0
Gambar: Masa Pengenalana Lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah Purin Kendal TA 2024/2025, (22/7/2024).

IKNews, KENDAL – Tahun Pelajaran Baru 2024/2025 telah tiba. SD Muhammadiyah Purin kembali melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sesuai dengan amanat Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja, namun juga meliputi perkenalan, para guru serta sarana dan prasarana sekolah hingga budaya sekolah.

Dalam pelaksanaannya, MPLS SD Muhammadiyah Purin Tahun Pelajaran 2024/2025 dilaksanakan selama 5 hari Kegiatan MPLS dibuka pada hari Senin, 22 Juli 2024 dan berakhir pada hari Jum’at, 26 Juli 2024. Dan di tutup hari Sabtu ada parenting wali murid kelas 01 SD Muhammadiyah Purin Kendal.

Kegiatan MPLS terdiri dari pembukaan pada hari pertama, perkenalan diri dan lingkungan sekolah, gebyar ekstra kurikuler dan di isi pula dengan banyak kegiatan menarik lainnya.
Pembukaan hari pertama kegiatan MPLS diawali dengan upacara pembukaan di halaman SD Muhammadiyah Purin.

Pada sesi sambutan, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Purin menyapa siswa, siswi pada acara pembukaan MPLS kali ini, Ahmad Sofi Irwanto juga menyampaikan amanat pada pembukaan MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025 ini. “inilah SD Muhammadiyah Purin, Sekolah kita tercinta dengan adanya ananda di sini bersama bapak dan ibu guru beserta ayah dan bunda bersinergi untuk mengisi hari-hari mereka dengan keceriaan, dengan ilmu pengetahuan dan mudah-mudahan visi dan misi SD Muhammadiyah Purin bisa tersampaikan bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya.”

Selanjutnya Ahmad Sofi Irwanto juga menyampaikan bahwa kegiatan ini setiap hari pengenalan lingkungannya, pengenalan guru-guru intinya membuat murid-murid lebih nyaman dululah dan membuat bahagia biar sekolahnya menyenangkan, hari ini lebih pengenalan lingkungan sekolah dan guru-guru yang ada di SD Muhammadiyah purin, dan Alhamdulillah tahun ini lebih meningkat dari pada tahun kemarin, Tahun ini ada 102 (Seratus dua) siswa-siswi yang masuk sekolah di SD Muhammadiyah Purin itu di bagi menjadi 4 kelas, tahun ini ada peningkatan karena tahun kemarin siswa 80 (Delapan Puluh) siswa, sebenarnya target awal kita 84 (Delapan Puluh empat) Siswa. Alhamdulillah hanya saja masyarakat masih cukup tinggi dan ingin masuk lagi, kita buka lagi masih 96(Sembilan puluh enam) Siswa. dari 96 siswa ternyata masih ada yang mendaftar lagi, ya akhirnya tetap kita buka menyediakan 4 kelas, tapi untuk tahun depan kita mudah-mudahan Tamba lagi”harap Kepala Sekolah.

“Dan kita bekerja sama dengan TK ABA Purin, TK ABA Patebon, TK ABA Kendal, TK ABA 01 Kendal. Jadi apa namanya biar singkron programnya seperti ini. Dan kita bekerja sama dengan Aisyah dan Muhammadiyah kalau TK itu di bawah Aisyah, lha SD ini di bawah Muhammadiyah, dan Alhamdulillah tidak ada zonasi karena SD kami swasta jadi tidak di batasi, yang sekolah di SD Muhammadiyah Purin itu ada yang rumahnya dari Kangkung, Cepiring , Patebon, Pegandon, Kendal Brangsong, Kaliwungu. Itu artinya SD Muhammadiyah purin seperti itu” ungkap Ahmad Sofi Irwanto.

Keunggulan SD Muhammadiyah Purin punya keunggulan”semua anak punya potensi, dan anak-anak punya bakat masing-masing dan semua anak-anak punya cita-cita, tidak semua ingin jadi PNS, Dokter, guru, insinyur, dan sebagainya. Tapi karena mereka ini berbagai macam yang mereka mungkin bisa kita dapatkan, karena dari provesi yang banyak itu kita mencoba menggali provesi-provesi mereka, dan yang mungkin tidak ada adalah potensi mereka yang di dapatkan tapi punya potensi landasan agama yang kuat, jadi misalnya mereka menjadi seorang pemusik tapi juga beragama, maupun jadi apapun itu target kita punya pondasi Islam yang kuat” harap Kepala sekolah.

Dan program-program yang ada di “SD Muhammadiyah Purin yang akan didapatkan di sekolah ada prestasi dan banyak kegiatan-kegiatan yang mungkin tidak di punyai sekolah-sekolah yang lain, dan itu semua kegiatan itu setiap semester kita laksanakan kalau misalnya pentas seni, di sekolah lain hanya akhir semester, kita itu ada 2 (dua) kali setiap semester pertengahan dan akhir pasti kita tampilkan kegiatan. Imbuhnya Ahmad Sofi Irwanto.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Purin berpesan kepada seluruh siswa. “Kalian disini adalah saudara, saudara seiman, seagama, dan keluarga besar SD Muhammadiyah Purin Plus jadi sesama saudara harus saling menyayangi.” Amanat ini disampaikan oleh Ahmad Sofi Irwanto, dalam rangka membangun ikatan seluruh warga sekolah untuk saling hormat menghormati dan saling sayang menyayangi antar sesama.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini