Beranda Kabupaten Kendal Jurusan Rekam Medis Poltekkes Semarang Gelar Pengabdian Masyarakat “Kampung Smart” di Mangunharjo

Jurusan Rekam Medis Poltekkes Semarang Gelar Pengabdian Masyarakat “Kampung Smart” di Mangunharjo

37
0
Gambar: Jurusan Rekam Medis Poltekkes Semarang Gelar Pengabdian Masyarakat "Kampung Smart" di Mangunharjo, (4/8/2024).

IKNews, SEMARANG – Poltekkes Kemenkes Semarang Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat meluncurkan program pendampingan pengelolaan pendataan warga berbasis sistem informasi “Kampung Smart” Mangunharjo, Tembalang Semarang, Minggu (04/08/2024).

Ketua Pengabdi Siti Masrochah, S.Si., M.Kes dan beberapa anggota Dosen Sri Lestari, SKM, M.Kes, Isnaini Qoriatul Fadhilah, S.ST., M.K.M, Indah Naryanti, S.KM., M.K.M serta Muhammad Erfansyah, S.Si., M.Tr.Kes.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas pendataan warga berbasis sistem informasi guna memperkuat upaya preventif di bidang kesehatan dan kesejahteraan sosial.

Pendampingan pengelolaan pendataan warga berbasis sistem informasi ini, dihadiri Wali Kota Semarang yang turut mendukung mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui kolaborasi antara pemerintah setempat, Akademisi, dan berbagai lembaga swadaya masyarakat.

Manfaatnya untuk menciptakan basis data yang akurat dan terintegrasi yang dapat diakses oleh berbagai pihak berkepentingan, sehingga memudahkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam proses pendampingan ini, mencakup pengenalan pendataan warga berbasis sistem informasi “Kampung Smart”, yang dirancang untuk memudahkan proses pendataan warga, seperti pencatatan data kependudukan, status kesehatan, kondisi sosial-ekonomi, hingga potensi pemberdayaan masyarakat di wilayah tersebut.

Salah satu fokus utama dari kegiatan ini adalah upaya preventif  bidang kesehatan, antara lain pendataan warga sesuai Kartu Tanda Penduduk, penimbangan badan, pemeriksanaan tekanan darah dan pemeriksaan asam urat.

Data yang diperoleh akan digunakan untuk memetakan wilayah-wilayah yang rentan terhadap penyebaran penyakit, sehingga dapat memberikan intervensi kesehatan yang tepat sasaran. Selanjutnya terdapat edukasi kesehatan serta penyampaian manfaat dan cara pembuatan Infused Water.

Akhir kegiatan, warga yang terlibat mendapat minuman Infused Water secara gratis serta langsung memberikan respons penilaian kepuasan secara online sebagai evaluasi kegiatan.

Pengabdian masyarakat ini bersamaan dengan kegiatan Bulan Bhakti Gotong-Royong Masyarakat LPMK Kelurahan Mangunharjo yang diawali senam bersama, penanaman pohon dan dimeriahkan pembagian Doorprize diiringi dengan organ tunggal serta diramaikan stand bazar produk-produk UMKM yang terdiri dari hasta karya warga, gelang, manik-manik, sembako, sayur mayur, buah, minuman dan berbagai jenis makanan lainnya.

Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dalam mengembangkan usahanya serta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepala Kecamatan Tembalang, Drs. Haryanto, M.M., menyatakan bahwa, “Kegiatan ini adalah salah satu langkah strategis dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks. Harapannya kegiatan ini terus berlanjut secara berkala, karena bermanfaat bagi masyarakat dalam mengontrol diri dan memperbaiki pola hidup sehat masyarakat,” ujarnya Drs. Haryanto.

Ketua LPMK Kelurahan Mangunharjo, Pramujiarto, SE, MM. Par menyampaikan terima kasih kepada Poltekkes Kemenkes Semarang, yang selama ini rutin menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dan mayoritas warga juga menyambut baik.

“Kegiatan ini sangat bagus, kami bisa tahu tentang kesehatan sendiri, karena tidak semua warga mempunyai alat untuk cek kesehatan,” ungkap salah satu warga.

Warga lainnya juga antusias dan menyampaikan terima kasih diberikan kesempatan mengikuti cek kesehatan gratis, dan berharap dilaksanakan secara rutin, karena dapat mengantisipasi menjaga kesehatan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa warga memiliki kepedulian dan keinginan hidup sehat sangat tinggi untuk bersama-sama mewujudkan “Kampung SMART”.

Dengan adanya pendampingan yang berkelanjutan, diharapkan Kecamatan Tembalang dapat menjadi model bagi kecamatan lainnya di Kota Semarang dalam hal pengelolaan data berbasis sistem informasi.

“Program ‘Kampung Smart’ ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas hidup warga Tembalang, tetapi juga menjadi langkah penting dalam membangun kota yang lebih cerdas dan responsif terhadap kebutuhan warganya,” harapannya.

Program pendampingan pengelolaan pendataan warga berbasis sistem informasi “Kampung Smart” ini menjadi bukti nyata bahwa teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara efektif untuk meningkatkan upaya preventif di berbagai bidang.

Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, Kecamatan Tembalang siap menghadapi tantangan perkotaan dengan lebih terencana dan berdaya guna.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini