Beranda Kabupaten Kaur PWI Dukung Pembekalan dan Pelatihan LINMAS di Wilkum Polsek Kaur Selatan

PWI Dukung Pembekalan dan Pelatihan LINMAS di Wilkum Polsek Kaur Selatan

81
0
pelatihan Linmas Desa  se kecamatan Kaur Selatan dan kecamatan Tetap.

IKNews, KAUR – Guna  menjadikan wilayah yang aman, nyaman dan tentram Kepala Desa se kecamatan Kaur Selatan  dan Tetap, yang masuk di wilayah Hukum Polsek Kaur Selatan menjalin kerjasama dengan pihak terkait salah satunya dengan Pihak Polsek Kaur Selatan dan Koramil  dalam pelatihan Linmas Desa  se kecamatan Kaur Selatan dan kecamatan Tetap.

Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.

Agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah desa masing – masing mengadakan sebuah pelatihan Pembinaan Linmas pada 09-14  Juni 2023 yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan guna menghadapi Pemilihan Kepala Desa maupun Pemilihan calon legislatif dan Pilkada kedepannya. Pelatihan dan pembinaan tersebut dilakukan di wilayah Hukum Polsek Kaur Selatan, dan di buka di gedung kuliner Bintuhan kecamatan Kaur Selatan  (09/06/2023).

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan muMasyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan Pelatiahan tersebut dihadiri oleh  bupati Kaur yang di wakili oleh setda Kaur, Ersan Syafiri serta di dampingi oleh Asisten 1 Sinarudin, Kapolre Kaur di hadiri oleh WK polres Kaur, KOMPOL Enggarsyah Alimbardi. Kapolsek Kaur Selatan,  Iptu Ryokun Atmojo camat  Kecamatan Kaur Selatan, Rendra Agung,Kodim 408 – 04  BS – K  di hadiri oleh Pabung /Plh Koramil , Mayor infantri Sumaryanto  dan seluruh kepala desa se kecamatan Kaur Selatan dan kecamatan Tetap. Tak lupa dalam kegiatan tersebut, unsur PWI juga ambil bagian, hadir dalam acara tersebut, di hadiri langsung oleh ketua PWI Kaur, H,  Muhammad Isnaini ST, dengan kehadiran PWI, tentunya PWI sangat mendukung acara yang di selenggarakan ini.

Dalam sambutan pembukaan oleh ketua panitia, Medi Apriansyah  menekankan adanya wilayah yang kondusif dan nyaman dalam segala situasi dan kondusi di wilayah masing-masing di Wilayah desa

“Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk meberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di wilayah. Misalnya dalam proses pemilu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, meskipun diwilayah  kita  merupakan wilayah yang yang aman, nyaman dan kondusif setiap ada pesta demokrasi pemilu. Tetapi guna untuk mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan Linmas agar sigap dalam masalah lainnya misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal dan dapat tertangani secepatnya,” tutur  Medi Apriansyah yang juga menjabat sebagai ketua APDESI Kaur Selatan.

Kapolsek Kaur Selatan, Iptu Ryokun Atmojo  selaku Pembina Pada pelatihan dan pembinaan linmas memberikan  beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing. Materi sosialisasi undang-undang dan tugas atau peranan Linmas.

Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban, peserta juga mendapatkan ilmu pelatihan dasar PBB oleh  Babinsa.

“Gerakan PBB merupakan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab. Selain itu Gerakan PBB menumbuhkan rasa disiplin itu mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi dan rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan. Maka sikap tersebut di perlukan oleh seorang Linmas”.

Reporter : Pachroul.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini