Beranda Kabupaten Kaur Peringati Hari Pers Nasional, ini Pesan Ketua PWI Kaur

Peringati Hari Pers Nasional, ini Pesan Ketua PWI Kaur

120
0
Peserta UKW Kabupaten Kaur. (Foto: Pachroul)

IKNews, KAUR – Hari Pers Nasional (HPN) adalah peringatan tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari, yang juga bertepatan dengan hari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

HPN merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.tidak terlepas dari sejarah PWI, organisasi wartawan pertama di Indonesia yang berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta.

PWI lahir di tengah perjuangan dan pertahanan kemerdekaan Indonesia dari ancaman penjajahan. Wartawan pada masa itu memiliki peran ganda, yaitu sebagai aktivis pers yang menyebarkan informasi dan penerangan, serta sebagai aktivis politik yang terlibat dalam gerakan perlawanan.

Berkaca dari sejarah itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kaur, Isnaini ST, mengajak segenap anggota PWI Kaur untuk meneruskan perjuangan para pendahulu kita, di mana saat ini fungsi wartawan masih tetap sama dengan fungsi wartawan pada saat itu.

“Tentunya kewajiban kita selaku insan pers harus menulis sesuai dengan aturan pers, apa itu aturannya, saya yakin segenap wartawan yang tergabung di PWI semua sudah mengetahuinya,”ungkap Isnani.

Lebih lanjut, Isnaini mengatakan, sesuai Tema Hari Pers Nasional 2024 adalah “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Tema ini juga berkaitan dengan peran jurnalis di tahun politik. dia  mengatakan pers tidak hanya berperan dalam mengawal dan menjaga pesta demokrasi yang sedang dan akan datang, namun juga menumbuhkan literasi publik mengenai kesadaran politik.

“Supaya pemilu ini berjalan lebih fair, ada peran media, pers di dalam prosesnya yang ikut melakukan edukasi-edukasi politik, tentunya kita selaku jendela informasi harus memuat informasi yang benar,tidak mengandung unsur sara dan Hoax, sebab dari tulisan para wartawan, bisa membuat suasana yang  adem menjadi gerah, pun sebaliknya dari suasana yang panas dapat menjadi adem  ujarnya, sembari  tersenyum.

Reporter : Pachroul.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini