Beranda Kabupaten Kaur Pemilihan Kades Tanjung Beringin, Penantang Menang Telak

Pemilihan Kades Tanjung Beringin, Penantang Menang Telak

212
0
Gambar : Pemilihan Kades Tanjung Beringin, Penantang Menang Telak, (22/10/2023).

IKNews, KAUR – Pemilihan Kepala Desa (pilkades) di desa Tanjung Beringin Kecamatan Luas telah terlaksana dengan aman dan terkendali serta berhasil menyukseskan pesta demokrasi tingkat desa.

Tak jauh beda dengan pemilu, Pilkades juga mengandung banyak ragam yang di dalamnya para pihak berkepentingan menyasar pilkades sebagai konstestasi politik yang harus direbut, sebagai bentuk pembuktian kekuatan strategi politik yang dimainkan.

Adapun kandidat yang berlaga di kancah pilkades Desa Tanjung Beringin berjumlah 3 kandidat, satu diantaranya dua penantang adalah Inkmben yang baru saja memimpin desanya tselama satu periode.

Analisisnya sederhana, jika calon kepala desa terpilih, tentunya memiliki loyalitas dan kekuatan massa untuk memberikan dukungan kepada salah satu calon pada pilkada mendatang.

Karena konsep Pilkades yang dipahami masyarakat desa, merupakan momentum untuk memperkuat solidaritas dan partisipasi masyarakat dalam konsolidasi demokrasi. Karena masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah daerah. Pilkades merupakan bentuk kedaulatan rakyat di desa dalam menentukan pemimpinnya.

Tapi, ini bisa saja menjadi pembelajaran kepada masyarakat desa untuk lebih menjaga solidaritas kemasyarakatan desanya agar tidak mudah dihegemoni dengan doktrin Money Politik.

Usai pilkades, waktunya kembali merajut kasih. Perbedaan pilihan itu bentuk keistimewaan dari sebuah pesta demokrasi, namun menjadi dewasa pasca-pilkades itu merupakan tanggung jawab bersama agar meminimalisi terjadinya perselisihan.

Pemimpin baru telah resmi terpilih untuk memimpin desanya, patut berbangga dan wajib mengucapkan selamat kepada Epan Jayadi sebagai aktor terbaik di Desa Tanjung Beringin dengan nomor urut 2 meninggalkan nomor urut 1 dan 3 sangat telak, bahkan meski dikumpulkan jadi satu pemilik suara dari dua kandidat itu, belum mampu menandingi suara yang peroleh oleh nomor urut 2. Dengan memperoleh suara lebih dari 200 suara dari 300 lebih mata pilih.

Selamat mengemban amanah kepada Epan Jayadi sebagai aktor terpilih, dan kepada calon yang belum terpilih agar mampu menerima hasil pilihan masyarakat secara dewasa.

Ini hanya bentuk dari sebuah sistem demokrasi, dimana demokrasi merupakan hajat mulia untuk menentukan pilihan kita dengan menjalankan aturan dan undang-undang serta menjunjung tinggi asas demokrasi.

Tugas kepala desa terpilih tentunya tidak mudah, karena sebelum melakukan program kerja pembangunan pastinya terlebih dahulu merangkul semua elemen masyarakat yang sempat terpecah karena perbedaan pilihan.

Sebagai masyarakat desa yang masih menganut paham tradisional dan sistem kekeluargaan, kita sudah saatnya kembali bersatu untuk membantu kepala desa terpilih dalam melaksanakan program kerja yang telah direncanakan.

Terutama pada kaum muda (pemuda), mari kita kembali merapatkan solidaritas kepemudaan untuk mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah desa dalam hal pembangunan, peningkatan ekonomi desa, pengembangan kualitas SDM desa.

Karena sebagai pemuda sebenarnya menjadi tanggung-jawab kita merekatkan kembali potensi perpecahan hanya sebab beda pilihan. Pemuda sebenarnya adalah penanggung jawab selain etis dan moral juga politis di desa. Sebab itu selalu dikata, pemuda adalah penerus kemajuan kampung.

Sesuai dengan fungsinya, pemuda memiliki beberapa peran : Agent of Change (agen perubahan), Sosial Control (pengontrol masyarakat/kebijakan), Moral Force (penguat moral), Guardian of Value (penjaga nilai), Iron Stock (penerus bangsa).

Epan Jayadi menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada masyarakat Desa Tanjung Beringin yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Desa Tanjung Beringin, “Saya selaku aktor terpilih berjanji kepada diri Saya sendiri, bahwa Saya selalu menjunjung tinggi nilai kepercayaan yang diamanahkan kepada Saya, dan Saya akan mengedepankan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi,” ucap Epan saat diwawancarai awak media pada saat penghitungan suara sudah usai.

Adapun hasil pemilihan kepala desa di Kabupaten Kaur adalah sebagai berikut,

HASIL PEMILIHAN KEPALA DESA di KABUPATEN KAUR
Minggu, 22 Oktober 2023

Desa Tanjung Beringin Kecamatan Luas
1. Kasiran Hasan Basri : 34
2. Evan Jayadi : 233
3. Alfen Fadillah : 83

Desa Serdang Indah Kecamatan Luas
1. Samaludin : 108
2. A. Rozianto : 123
3. Alwi : 45

Desa Penandingan Kecamatan Kinal
1. Opin Farizal : 158
2. Syahmardan : 58
3. Lidian Herdiansyah : 148

Desa Pasar Jumat Kecamatan Nasal
1 . Juli Aprianto : 160
2. Sayadri : 125

Desa Bakal Makmur Kecamatan Maje
1. Heffi Sufitris : 141
2. Novian Astoni : 188

Desa Talang Padang Kecamatan Padang Guci Hilir
1). Marhawijaya : 228
2). Bunsi Artono : 177

Desa Cucupan Kecamatan Tetap
1. Saprizal : 178
2. Nuhidin : 94

Desa Air Batang Kecamatan Nasal
1. Ahmad Musri : 351
2. Supendi : 424

Desa Bungin Tambun 1 Kecamatan Padang Guci Hulu
1. Eklan Mudianto : 286
2. Amrulis : 257
3. Mirianto : 177

Desa Bukit Makmur Kecamatan Muara Sahung
1. HM Zahri Aziz : 525
2. Aisudin : 348

Desa Tanjung Bulan Kec Tanjung Kemuning
1. Ingky Eka Tandayu : 300
2. Egiv Aprizan : 358.*

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini