Beranda Kabupaten Kaur Menuju Indonesia Sehat, Dinkes Lakukan Skrining

Menuju Indonesia Sehat, Dinkes Lakukan Skrining

96
0
Gambar : Menuju Indonesia Sehat, Dinkes Lakukan Skrining, Kaur.

IKNews, KAUR – Tim dari dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur yang berada di Puskesmas melakukan Skrining Merokok dan Frambusia di setiap Sekolah Dasar pada bulan Oktober 2023 yang lalu.

Penyakit Frambusia yang juga disebut Patek atau Bubo adalah penyakit kulit menular menahun yang kambuhan, penyebabnya adalah kuman Treponemapertenue. Penyakit Ini banyak menyerang anak-anak usia kurang dari 15 tahun. Penyakit Frambusia sangat menular, terutama pada fase awal, penularan terjadi dari getah luka penderita secara langsung bersentuhan dengan kulit orang sehat yang luka atau tergores (tidak utuh).

PLT Kepala dinas kesehatan kabupaten Kaur, Yanuar Aris Pribadi yang sebelumnya menjabat Sekretaris Badan Keuangan Daerah menyampaikan bahwa, “Sebuah kunci kemajuan di setiap wilayah adalah kesehatan yang terpenting harus diutamakan, mengingat hal tersebut maka dinas kesehatan membentuk tim di setiap puskesmas sesuai dengan program pemerintah,” ujar Yanuar Aris Pribadi.

“Di akhir acara tim berpesan kepada seluruh siswa/i agar lebih aktif lagi untuk melakukan pencegahan penyakit frambusia ini dengan cara : (1) Menjaga kebersihan diri dengan mandi pakai sabun setiap hari  (2) Cuci pakaian setiap hari dipakai dan tidak bergantian dengan pakaian bekas dipakai penderita (3) Hindari kontak langsung dengan luka penderita (4) Segera obati jika ditemukan penderita (5) Semua orang yang pernah kontak dengan penderita tidak boleh terlewatkan untuk mendapatkan pengobatan.*

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini