Beranda Kabupaten Kaur KIP Bengkulu Lakukan Visitasi ke Kaur

KIP Bengkulu Lakukan Visitasi ke Kaur

173
0
Gambar : KIP Bengkulu Lakukan Visitasi ke Kaur, (13/11/2023).

IKNews, KAUR – Komisi Informasi (KI) Provinsi Bengkulu melakukan visitasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kaur terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dalam rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev), Senin (13/11/2023).

Kedatangan tim Monev KIP Bengkulu disambut langsung oleh Bupati Kaur, H lismidianto dan Kepala Dinas Kominfo Kaur, Jarnaawi di ruang kerja bupati. Setelah berbincang-bincang dengan bupati, tim menuju Kantor Diskominfo Kaur, rombongan juga disambut hangat oleh Kadis Kominfo.

Komisioner KI Provinsi Bengkulu, Albert Satya Jaya didampingi Tenaga Ahli KIP Ir. HJ. Bismalinda MSi, mengatakan setiap kali visitasi pasti ada dialog untuk bagaimana memaksimalkan kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID),  bagaimana kemudian penyelenggaraan KIP utamanya pada penekanan pelayanan informasi publik, apa yang perlu dimaksimalkan.

Sehingga goalnya penyelenggaraan informasi publik di Kabupaten Kaur itu bisa terselenggara dengan baik.  Informatifnya Kaur itu tidak hanya menjadi tanggung jawab Diskominfo Kaur, adanya keterlibatan juga dari instansi terkait, dan jika dari lini bawah saja sudah tertata dengan bagus, ini akan menjadi sumbangsih yang luar biasa untuk Kabupaten Kaur, sehingga Kaur menjadi kabupaten yang Informatif Terbuka.

“Dari hasil visitasi ke Diskominfo, inovasi seperti Sistem Keterbukaan Informasi Publik Online (SIKIPO) menurut Saya jika ini bisa diaplikasikan dengan baik dan ada keterlibatan Perangkat Daerah, termasuk 38 SKPD serta memaksimalkan keterlibatannya dalam pengisian data, harusnya Kaur itu sudah Informatif,” ujar Albert.

“Sedangkan tujuan dari Monev adalah untuk memetakan bagaimana penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di kalangan badan publik di Kabupaten Kaur. Monev ini merupakan program tahunan, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan KIP itu sudah dilaksanakan dengan baik atau tidak,” ujar Albert.

Albert mengatakan bahwa beberapa waktu lalu kami telah membagikan kuisioner Self Assessment Questionnaire (SAQ) untuk diisi oleh pihak Dinas Kominfo terkait keterbukaan informasi.

“SAQ telah diisi dan dikembalikan kepada kami. Hari ini kami melakukan monitoring atau secara langsung melakukan pencocokan untuk memverifikasi terhadap SAQ yang telah dikirimkan beberapa waktu yang lalu. Apakah SAQ yang sudah dikirim sudah sesuai atau tidak dengan fakta yang ada di lapangan,” ucapnya.

“Kami berharap Kabupaten Kaur akan lebih baik dibandingkan tahun 2022 lalu,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kaur menyambut baik kunjungan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Bengkulu ke Dinas Kominfo Kabupaten Kaur.*

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini