Beranda Kabupaten Kaur Kecamatan Kaur Selatan laksanakan Musrenbang, Lahirkan 5 Usulan

Kecamatan Kaur Selatan laksanakan Musrenbang, Lahirkan 5 Usulan

69
0
Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kaur Tahun Anggaran 2024 Tingkat Kecamatan, pada hari ini di adakan di kecamatan kaur selatan dan dilaksanakan di Aula Kantor camat setempat pada hari ini Rabu (07/02/24). (Foto: Pachroul)

IKNews, KAUR – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kaur Tahun Anggaran 2024 Tingkat Kecamatan, pada hari ini di adakan di kecamatan kaur selatan dan dilaksanakan di Aula Kantor camat setempat pada hari ini Rabu (07/02/24) merupakan hari terakhir bersamaan dengan Kecamatan Maje dan Nasal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Musrenbang Bappeda-Litbang, Forkopincam, seluruh kepala desa, Tokoh Masyarakat, TP-PKK, serta stakeholder terkait lainnya di wilayah Pemerintah Kabupaten Kaur.

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana masyarakat saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi, mengusulkannya dalam bentuk usulan sesuai dengan kamus usulan dari masing-masing Perangkat Daerah yang nantinya usulan tersebut diputuskan dan bentuk prioritas desa dan kecamatan.

Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran, yang nantinya akan diusulkan dalam musrenbang kabupaten.

Bupati Kaur H. Lismidianto melalui Setda Kaur, Drs. Ersan Syafiri dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbang yang dilaksanakan jangan hanya sekedar menjalankan kewajiban yang dilaksanakan secara seremonial, tetapi harus menghasilkan perencanaan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang.  Musrenbang hanya sekedar seremonial tercipta karena perencanaan dan penganggaran di masa lalu jangan sampai itu terjadi,” papar setda

dalam Musrenbang di kecamatan Kaur Selatan melahirkan 5 usulan skala prioritas, adapun usulan tersebut, sebagai berikut.
Berikut lima (5) antaranya:

1. Penanggulangan banjir melalui normalisasi 4 sungai yakni sekunyit, air bintuhan, air tube dan Air mekekal

2. Pembangunan pelabuhan perikanan di Pasar lama

3. Pembangunan jalan 2 jalur, terutama di Desa Air Dingin

4. Penanganan sampah

5. Pembangunan/normalisasi drainase/siring di sepanjang jalan nasional

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini