Beranda Kabupaten Kaur Desa se-Kecamatan Kaur Tengah, Serentak Gelar Pelatihan Input IDM

Desa se-Kecamatan Kaur Tengah, Serentak Gelar Pelatihan Input IDM

304
0
Gambar : Desa se-Kecamatan Kaur Tengah, serentak gelar pelatihan input IDM.

IKNews, KAUR – Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs), Desa atau (tujuan pembangunan berkelanjutan desa) di Kecamatan Kaur Tengah Kamis (22/05/2023) bertempat di aula Gedung Serbaguna Desa Kemang Manis mengadakan pembekalan.

Kegiatan diikuti oleh 12 desa, pesertanya terdiri atas perangkat desa, dan tim pendataan/ Operator masing-masing desa, acara ini mengundang pendamping desa, Yandri sebagai narasumber pada pembekalan pemutakhiran data IDM.

Dalam pembekalan, tim pendataan dibimbing untuk mengisi lembar kuesioner dan dilatih untuk bisa input secara online hasil pendataanya melalui aplikasi SDGs Desa dari Kementrian Desa yang diinstall di HP Android, Laptop Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak.

Sebagai proses perbaikan sehingga ada pendalaman data-data pada level desa, keluarga, dan warga.

Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

Setiap tim pendata diharuskan membawa ATK sebagai pelengkap saat melaksanakan kunjungan ke rumah warga.

Tugas tim pendata adalah mengisi kuesioner untuk keluarga (rumah tangga) dan kuesioner untuk individu. Isi kuesioner untuk keluarga mencakup deskripsi lokasi, deksripsi keluarga, dan deskripsi permukiman. Sedangkan isi kuesioner untuk individu mencakup deskripsi individu, deskripsi pekerjaan, deskripsi kesehatan, dan deskripsi pendidikan.

Kepala desa Kemang Manis selaku penyedia tempat/tuan rumah menjelaskan bahwa acara pelatihan ini hanya satu hari.

“Mudah-mudahan seluruh peserta dapat memahami apa yang disampaikan oleh narasumber,” ujarnya.*

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini