Beranda Kabupaten Kaur Agar Siswa Berkarakter, Guru Dituntut Disiplin

Agar Siswa Berkarakter, Guru Dituntut Disiplin

170
0
Gambar : Asmawi M.pdi kepsek SMK 1 Kaur, Kaur (9/10/2023).

IKNews, KAUR – Pendidikan yang baik, sangat diidamkan oleh setiap orang, bukan saja dari kalangan menengah ke atas, tapi juga kalangan menengah ke bawah. Jika sekolah tersebut ingin menjadikan sekolah lebih baik, maka guru yang baik adalah guru yang memiliki disiplin dalam bertugas. Jika gurunya disiplin, dan selalu memberikan contoh keteladanan yang baik, maka upaya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bisa terwujud. Sebaliknya, jika gurunya kurang disiplin, maka sulit melahirkan siswa yang berkarakter.

“Guru adalah kurikulum yang hidup. Pola berpikirnya, ucapannya, dan sikapnya menjadi model bagi murid-muridnya. Ketika murid-murid dituntut disiplin untuk patuh pada berbagai aturan yang ada, maka guru sepatutnya berperilaku lebih disiplin dari kedisiplinan murid-muridnya,”  ujar Kepala Sekolah SMK 1 Kaur, Asmawi M.pdi saat dibincangi di ruang kerjanya (09/10/2023).

Asmawi mengatakan jika di lapangan masih ada guru-guru yang kurang disiplin. Diantaranya, terlambat masuk ke kelas, kurang tertib mengerjakan administrasi sekolah, membentak siswa, mengolok-olok siswa, berlaku kasar, merokok di dalam kelas, menjaitkan karya ilmiah atau mencontek karya orang lain, dan menghina karya teman tetapi tidak berkarya, maka hal tersebut tidaklah bisa untuk menjadikan siswa berkarakter, bahkan sebaliknya.

Kedisiplinan guru, lanjut Asmawi, bisa dilihat dari perilaku guru dalam relasi dengan Tuhannya, dengan sesama manusia, dengan alam sekitarnya, dengan bangsa, dan negaranya, bahkan dengan dirinya sendiri.

“Kesadaran diri menjadi penentu sikap dan perilaku disiplin yang sesungguhnya. Antara kedisiplinan guru dengan siswa bersifat saling mempengaruhi. Di satu sisi kedisiplinan guru menentukan keberhasilan siswa dan di sisi lain, keberhasilan siswa juga akan menentukan kedisiplinan guru,” tegas Asmawi.

Asmawi juga menyampaikan, “untuk awal ini Saya akan menjadikan disiplin adalah modal utama untuk membentuk karakter yang lebih baik lagi, sejauh ini sejak Saya masuk, atau menjadi kepala sekolah di sini keadaan sekolah ini sudah baik, tapi Saya akan menjadikannya lebih baik lagi,” tegasnya.*

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini