Beranda Kab. Minut Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin Serahkan Penghargaan UHC Award 2024 kepada Pemkab...

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin Serahkan Penghargaan UHC Award 2024 kepada Pemkab Minahasa Utara

245
0
Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin, menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Kevin W. Lotulung di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Kamis (8/8).

IKNews, JAKARTA — Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Kevin W. Lotulung di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Kamis (8/8).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian target UHC di Indonesia, di mana lebih dari 98 persen penduduk, dari total lebih dari 275 juta jiwa, telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Pencapaian ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah,” ujar Wapres.

Namun demikian, Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan bahwa evaluasi terhadap pelaksanaan program ini harus dilakukan secara terus-menerus, terutama terkait dengan permasalahan tunggakan iuran dari peserta JKN-KIS yang mampu secara ekonomi dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang belum tertib.

Wapres juga menyampaikan pesan penting kepada para pemangku kepentingan agar memperluas jangkauan kepesertaan hingga 100 persen. Ia menekankan perlunya melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menyosialisasikan manfaat JKN-KIS, terutama bagi masyarakat di daerah terpencil.

“Pemerintah daerah harus mendorong agar setiap penduduk di wilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam program JKN-KIS,” tegas Wapres.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, menyatakan bahwa capaian 98 persen UHC merupakan prestasi luar biasa bagi Indonesia. Namun, ia menegaskan bahwa capaian tersebut akan lebih berarti jika seluruh rakyat Indonesia benar-benar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk tanggung jawab saya sesuai dengan Inpres. Kita harus berusaha keras untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya di sektor pelayanan kesehatan,” ujar Menko PMK.

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, dalam laporannya menyampaikan bahwa kepesertaan JKN terus meningkat setiap tahunnya, dengan cakupan kini mencapai lebih dari 98 persen dari total penduduk. Ia juga melaporkan bahwa sebanyak 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia telah berhasil mewujudkan UHC, dengan cakupan kepesertaan JKN lebih dari 95 persen.

Per 1 Agustus 2024, tercatat bahwa cakupan perlindungan kepesertaan Program JKN telah mencapai 276.520.647 jiwa, atau lebih dari 98 persen dari total penduduk yang semester 1 tahun 2024 berjumlah 281.603.800 jiwa.

Wakil Bupati Minahasa Utara, Kevin W. Lotulung, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Minahasa Utara.

Penyerahan penghargaan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Presiden International Social Security Association (ISSA) Mohammed Azman, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Abdul Kadir, serta jajaran direksi dan dewan pengawas BPJS Kesehatan, dan para kepala daerah penerima penghargaan.
(Denny Lengkong)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini