Beranda Kab. Minut Bupati Joune Ganda Tinjau Pabrik Pengelolaan Arang Batok Kelapa di Desa Kawangkoan

Bupati Joune Ganda Tinjau Pabrik Pengelolaan Arang Batok Kelapa di Desa Kawangkoan

263
0
Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, melakukan kunjungan kerja ke pabrik pengelolaan arang batok kelapa di Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat.

IKNews, MINUT – Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, melakukan kunjungan kerja ke pabrik pengelolaan arang batok kelapa di Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendorong pemberdayaan usaha yang berdampak luas bagi masyarakat, dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian lokal.

Bupati Joune Ganda mengapresiasi pabrik milik Harly (Ayi) Moha yang telah beroperasi selama puluhan tahun. Beliau menilai pabrik ini sebagai contoh sukses dalam penyediaan lapangan kerja dan usaha bagi masyarakat setempat.

“Potensi bahan baku kelapa di tanah Tonsea sangat besar, dan ini menjadi dasar yang memudahkan pengembangan usaha arang tempurung. Pabrik ini tidak hanya berfokus pada pengembangan sendiri, tetapi juga mendukung petani kelapa lokal untuk menjual produknya di sini,” ujar Bupati Joune Ganda, yang didampingi oleh Direktur Utama PUD Klabat, Pricilia Frederik.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Joune Ganda juga melepas 24 ton arang tempurung untuk diekspor ke Saudi Arabia.

Ia berharap pemerintah dan seluruh jajarannya responsif dalam membantu kelancaran operasional pabrik, termasuk dalam pengurusan administrasi dan fasilitasi kebutuhan pabrik.

“Dinas terkait harus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pabrik dan selalu berupaya agar usaha arang tempurung ini dapat menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat. Kita akan mempelajari cara pengelolaan arang menjadi briket untuk meningkatkan produksi dan dampak ekonominya di masa depan,” tambahnya.

Kunjungan ini turut dihadiri oleh Dirut PUD Klabat Pricilia Frederik, Kepala Dinas Pertanian Wangke Karundeng, Kepala Dinas Perdagangan Maxiliam Tapada, Hukum Tua, perwakilan perusahaan eksportir, dan masyarakat setempat. Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan usaha yang berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

(Denny Lengkong)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini