Beranda Kab. Minut Bupati Joune Ganda Resmikan Lembaga Adat PNNT di Minahasa Utara

Bupati Joune Ganda Resmikan Lembaga Adat PNNT di Minahasa Utara

325
0
Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, hari ini di JG Center, secara resmi melantik lembaga adat Paimpuluan Nuwu Ne Tonsea (PNNT) pada Sabtu (18/5/2024) di JGC Minahasa Utara.

IKNews, MINUT –  Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, di JG Center, secara resmi melantik lembaga adat Paimpuluan Nuwu Ne Tonsea (PNNT).

Pelantikan ini ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati nomor 148 tahun 2024 tentang Penatapan PNNT sebagai lembaga adat pada Sabtu (18/5/2024) di JGC Minahasa Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Joune Ganda menyatakan bahwa meskipun sebelum dilantik, PNNT telah aktif dalam upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal Sub-Etnis Tonsea, khususnya di Kabupaten Minahasa Utara.

“Atas dasar hal tersebut, saya melalui SK Bupati mengukuhkan dan melantik PNNT dengan harapan peran serta mereka dalam pelestarian budaya akan semakin berkembang dan dikenang oleh generasi penerus,” katanya.

Joune Ganda menunjukkan bahwa salah satu kontribusi PNNT adalah dalam upaya pelestarian Bahasa Tonsea melalui program pembelajaran Mulok bahasa Tonsea di sekolah-sekolah di Kabupaten Minahasa Utara.

“Program Mulok ini adalah inisiatif dan dijalankan oleh PNNT bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, menjadi yang pertama di Sulut bahasa daerah dalam pembelajaran di sekolah-sekolah khususnya di Minut,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pelantikan ini merupakan langkah penting dalam upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal di Kabupaten Minahasa Utara.

“Diharapkan PNNT dapat terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut,” tandasnya, sambil mengungkapkan optimisme bahwa PNNT akan terus berkontribusi lebih besar dalam melestarikan budaya asli Sub-Etnis Tonsea di Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam kepengurusan ini, Bupati Minut bertindak sebagai Pembina bersama Wakil Bupati dan Ketua DPRD Minahasa Utara.

PNNT sendiri telah banyak mendukung upaya pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam penyelematan dan pelestarian kearifan budaya lokal.

“Selama ini kami banyak mendapat dukungan moril dari Pemkab Minut, terlebih dengan telah ditetapkan sebagai lembaga adat resmi di Kabupaten Minahasa Utara maka sebagai legitimasi secara hukum dan sosial yang sangat kuat,” ucap Herman Dendeng, perwakilan PNNT.

Acara pelantikan dan pengukuhan ini turut dihadiri oleh kepala Balai Bahasa Provinsi Sulut, para pejabat eselon Pemkab Minut, serta para perwakilan pengurus PNNT dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Minahasa Utara.

Peliput : Denny Lengkong

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini