Beranda Hukum & Kriminal Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Candi 2024–2025 Polres Pekalongan Digelar

Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Candi 2024–2025 Polres Pekalongan Digelar

35
0
Gambar: Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Candi 2024 – 2025 Polres Pekalongan Digelar, (19/8/2024).

IKNews, PEKALONGAN – Dalam rangka pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, Polres Pekalongan melaksanakan rakor (rapat koordinasi) lintas sektoral Ops Mantap Praja Candi 2024 – 2025, Senin (19/08).

Rapat yang digelar di aula Mapolres Pekalongan dihadiri oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Kholid Mawardi, S.H., M.H., Pabung Kodim 0710 Pekalongan Mayor Kav Purbo Suseno, DPRD Kabupaten Pekalongan H. Abdul Munir, Asisten I Kabupaten Pekalongan Wiryo S, ketua KPU Kabupaten Pekalongan Lailatul Izzah, ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan M. Tohir, Perwira Polres dan Kapolsek jajaran Polres Pekalongan, Kejari Kabupaten Pekalongan Satpol PP, Dishub, Kesbangpol, serta Dinkes Kabupaten Pekalongan.

Wakapolres Pekalongan Kompol Kholid Mawardi dalam kesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkada 2024 Kabupaten Pekalongan.

“Kami dari Polres Pekalongan mohon masukan supaya pada pelaksanaan Pilkada 2024 nanti agar berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” ujarnya.

Kompol Kholid berharap, apabila ada permasalahan dalam pelaksanaan Pilkada nanti, kita bersama-sama tetap mengupayakan agar situasi tetap berjalan dengan aman.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Lailatul Izzah menyampaikan, pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik indonesia dilaksanakan pada Bulan November 2024.

“Tahapan pemilihan terdiri atas dua tahapan yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Sebelum tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) huruf A, dilaksanakan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan,” jelasnya.

“Untuk Jadwal tahapan selain selalu kami sosialisasikan juga bisa dilihat langsung di Website KPU Kabupaten Pekalongan,” lanjut Izzah.

Tohir selaku ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan menegaskan, pihaknya tidak hanya mengawasi pada tahapan pemilihan namun juga melakukan pengawasan non tahapan.

“Bawaslu Kab. Pekalongan akan segera meluncurkan peta kerawanan Pemilihan tahun 2024 pada 23 Agustus 2024. Ada beberapa kerawanan pada pelaksanaan Pilkada 2024 yaitu kerawanan rendah, sedang dan tinggi,” kata dia.

Tohir akan berupaya untuk mengoptimalkan kerjasama dengan pemantau pemilu, media massa, civitas akademika, organisasi kemasyarakatan, dan juga masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam pengawasan partisipatif;

“Kami mengajak seluruh stakeholders untuk turut serta menjaga kondusifitas lingkungan untuk menciptakan Pemilihan yang luber dan jurdil, serta mengajak seluruh Aparatur Pemerintah ASN, TNI, Polri untuk sama-sama menjaga Netralitas dalam Pemilihan 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Pekalongan dalam sambutannya berharap agar setiap tahapan berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya permasalahan apapun.

“Terimakasih untuk penyelenggara Pemilu yaitu KPU Bawaslu keamanan TNI Polri dan semua pihak terkait pada pelaksanaan Pemilu 2024 sudah berjalan aman lancar serta kondusif,” pungkasnya.*

Peliput: Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini