Beranda Hukum & Kriminal Kabag Ops Polres Pekalongan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Kabag Ops Polres Pekalongan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

4
0
Gambar: Kabag Ops Polres Pekalongan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, (1/10/2024).

IKNews, PEKALONGAN – Tepat hari ini Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dan peringatan ini dilaksanakan di seluruh Republik Indonesia termasuk juga Polres Pekalongan.

Bertempat di halaman Polres Pekalongan, telah dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, Selasa (01/10). Bertindak sebagai inspektur upacara Kabag Ops Polres Pekalongan Kompol M. Farid Amirullah, S.H., M.H.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 ini, mengambil tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.”

Kompol Farid menjelaskan, Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam peristiwa G30S/PKI.

“1 Oktober adalah peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini dilatarbelakangi terjadinya peristiwa tragedi berdarah yang menewaskan enam jenderal pada 30 September 1965,” kata dia.

Pancasila sebagai nilai yang sudah hidup ratusan tahun dan mengakar dalam jiwa bangsa Indonesia. Pancasila ada dalam alam kesadaran masyarakat sebagai alam sadar orang akan tergerak melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat seperti halnya menjaga kebersamaan, prinsip-prinsip nilai kebenaran dan keadilan.

Pelaksanaan hening cipta menambah khidmat upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Polres Pekalongan.

​Upacara yang dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB berjalan dengan situasi yang aman dan terkendali.

“Semoga upacara ini dapat mengingatkan kita akan arti dan Kesaktian Pancasila dalam menjaga keutuhan bangsa,” pungkas Kabag Ops.*

Peliput: Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini