Beranda Daerah Kotamobagu Pj Wali Kota Asripan Nani Ikuti Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Provinsi Sulut...

Pj Wali Kota Asripan Nani Ikuti Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Provinsi Sulut 2023

120
0
Asripan Nani, saat, mengikuti penilaian kinerja penurunan stunting tahun 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Utara.Rabu 29 Mei 2024. (Gie)

IKNews,Kotamobagu – Penjabat (Pj.) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., mengikuti penilaian kinerja penurunan stunting tahun 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Acara ini diselenggarakan di The Sentra Hotel Manado pada Rabu, 29 Mei 2024.

Menurut Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan, ST., ME., penilaian kinerja ini dilakukan oleh tim penilai tingkat provinsi untuk mengidentifikasi aspek kinerja yang sudah baik serta yang masih perlu ditingkatkan dalam upaya penurunan stunting.

“Penilaian ini juga bertujuan untuk melakukan pembinaan, pengawasan, dan evaluasi kinerja percepatan penurunan stunting, serta menemukan hal-hal inspiratif, replikatif, dan inovatif dalam pelaksanaan konvergensi penurunan stunting. Selain itu, kegiatan ini memfasilitasi sharing pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai panduan dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan delapan aksi konvergensi,” jelas Chelsia.

Muhamad Fahmi Iman, SE., Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda Kota Kotamobagu, menambahkan bahwa dalam penilaian kinerja ini, Tim Percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Kota Kotamobagu memaparkan berbagai langkah dan upaya yang telah dilakukan dalam mempercepat penurunan stunting di wilayah tersebut.

“Selain melaksanakan delapan aksi konvergensi secara konsisten, kami juga berinovasi melalui program CEMILAN DASHAT (Cegah Stunting Ibu Hamil Sampai Dengan Melahirkan Sehat) di Kampung Keluarga Berkualitas. Inovasi ini memanfaatkan daun kelor untuk mencegah stunting dari hulu, dengan mengintervensi ibu hamil yang kekurangan energi kronik dan ibu hamil dari keluarga berisiko stunting, serta memberikan edukasi 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan),” kata Fahmi.

Penilaian kinerja ini dianggap penting dan strategis karena kabupaten/kota mendapatkan umpan balik dan pembelajaran yang dapat meningkatkan anggaran dan kinerja dalam upaya konvergensi percepatan penurunan stunting.

“Pemerintah daerah juga akan mendapatkan gambaran yang jelas untuk perbaikan perencanaan dan pelaksanaan konvergensi penanganan stunting,” tambah Fahmi.

Acara ini turut dihadiri oleh Tim Penilai Kinerja Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Ketua TP PKK Kota Kotamobagu Ny. Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, SE., beserta jajaran pengurus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kotamobagu, Adnan, S.Sos., M.Si., serta OPD terkait.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini