Beranda Daerah Kotamobagu Optimalisasi Alokasi Dana Desa: Serapan ADD di Kotamobagu Masih Rendah

Optimalisasi Alokasi Dana Desa: Serapan ADD di Kotamobagu Masih Rendah

56
0
Ilustrasi Dana Desa

IKNews, Kotamobagu, – Hingga bulan Juli tahun anggaran 2024, serapan realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) di 15 desa yang ada di Kota Kotamobagu masih tergolong rendah, dengan rata-rata capaian di bawah angka 31 persen. Dari total pagu Alokasi Anggaran Dana Desa tahun 2024 yang dikucurkan sebesar Rp 40.459.644.900, realisasi ini mencerminkan perlunya peningkatan kinerja pemerintah desa dalam mengelola anggaran tersebut.

Kepala Bidang Pemberdayaan, Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kotamobagu, Fahrin Ambaru, mengungkapkan bahwa Dinas PMD terus memantau dan mendorong optimalisasi penggunaan ADD di seluruh desa. “Data per Juni menunjukkan realisasi ADD berkisar antara 20,7 persen hingga 31,6 persen. Meski masih di bawah 50 persen, angka ini menggambarkan proses perencanaan dan pelaksanaan program desa yang sedang berjalan,” jelas Fahrin. Selasa 30 Juli 2024.

Fahrin menambahkan bahwa pihaknya memahami dinamika dan tantangan yang dihadapi setiap desa sesuai dengan karakteristik setempat. Namun, dia optimis bahwa dengan upaya bersama, realisasi ADD akan meningkat signifikan pada semester kedua tahun ini. “Fokus kami adalah memastikan setiap rupiah ADD digunakan secara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Evaluasi dan monitoring juga dilaksanakan secara berkala untuk memastikan serapan anggaran sesuai dengan rencana penggunaan yang telah disusun di awal tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dinas PMD mengajak seluruh pemangku kepentingan, termasuk media dan masyarakat, untuk bersama-sama mengawal dan mendukung pembangunan desa di Kotamobagu. Partisipasi aktif dari berbagai pihak diharapkan dapat mempercepat penyerapan anggaran dan pelaksanaan program yang telah direncanakan, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat desa.

Pemerintah desa juga diminta proaktif dalam memacu pengelolaan anggaran ADD untuk mencegah keterlambatan kegiatan yang bersumber dari ADD. Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah desa dan Dinas PMD, diharapkan capaian realisasi ADD akan sesuai dengan target yang diharapkan.

Berikut serapan realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) di 15 desa yang ada di Kota Kotamobagu masih tergolong rendah:

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini