Beranda Daerah Kotamobagu Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Pontodon Timur Tandai Langkah Progresif Menuju 2025

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Pontodon Timur Tandai Langkah Progresif Menuju 2025

72
0
Pemerintah Desa (Pemdes) Pontodon Timur, Kecamatan Kotamobagu Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada 15 Januari 2024, di Balai Desa Pontodon Timur. (Diskominfo Ktg)

IKNews, Kotamobagu – Pemerintah Desa (Pemdes) Pontodon Timur, Kecamatan Kotamobagu Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) beberapa waktu lalu, di Balai Desa Pontodon Timur. Acara yang dibuka oleh Sangadi Imelda Pasambuna ini menjadi langkah strategis dalam perencanaan program pembangunan untuk tahun 2025.

Musrenbang ini dihadiri oleh Camat Kotamobagu Utara Muhamad Junaidi Edo Mopobela, Ketua BPD, seluruh aparatur pemerintahan desa, dan elemen masyarakat Pontodon Timur.

Imelda Pasambuna menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rancangan program untuk tahun 2025, dengan beberapa kegiatan yang sudah terjadwal pelaksanaannya pada tahun ini.

Camat Muhamad Junaidi Edo Mopobela menjelaskan bahwa Musrenbang adalah agenda terjadwal yang diikuti oleh beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Kotamobagu Utara, termasuk Kelurahan Upai, Desa Bilalang Satu, dan Desa Pontodon Timur.

“Tujuan dari Musrenbang adalah penentuan arah kebijakan pemerintah desa, evaluasi program, dan penyampaian aspirasi masyarakat terhadap skala prioritas kegiatan di desa,” Jelasnya.

Imelda Pasambuna berharap agar rencana program yang diusulkan benar-benar menjadi prioritas yang dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat dalam Musrenbang ini.

“Diharapkan adanya masukan, aspirasi, dan koreksi dari masyarakat Pontodon Timur terhadap kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah desa.

Edo menambahkan bahwa usulan yang tidak tercover oleh Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) dapat diusulkan di Musrenbangdes. Selanjutnya, usulan tersebut dapat didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotamobagu melalui dinas-dinas terkait.

“Selamat bermusyawarah, semoga hasilnya sesuai harapan bersama,” ucap Edo, mengakhiri acara Musrenbang dengan harapan kesepakatan antara pemerintah, BPD, dan masyarakat untuk menentukan prioritas usulan desa ke tingkat selanjutnya.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini