Beranda Daerah Kotamobagu Empat Desa di Kotamobagu Terima Insentif Kemenkeu Atas Kinerja Keuangan dan Pembangunan...

Empat Desa di Kotamobagu Terima Insentif Kemenkeu Atas Kinerja Keuangan dan Pembangunan 2024

110
0
Kabid Pembangunan, Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Kotamobagu, Fahrin Ambaru. (foto: Olam/kuasa.net)

IKNews, Kotamobagu – Empat desa di Kotamobagu, yaitu Desa Bilalang Satu, Pontodon, Kobo Kecil, dan Kopandakan Satu, berhasil menerima insentif khusus dari Kementerian Keuangan RI sebesar Rp 144.516.000 per desa. Total insentif yang diterima mencapai Rp 578.064.000, sebagai penghargaan atas kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa pada tahun anggaran 2024.

Pemberian insentif ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 352 Tahun 2024, sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 145 dan 146 Tahun 2023. Pemerintah mengalokasikan Rp 2 triliun untuk desa-desa di Indonesia, dengan insentif yang diberikan berdasarkan kinerja keuangan dan pembangunan serta penghargaan yang diraih.

Kepala Bidang Pembangunan, Keuangan, dan Aset Desa Dinas PMD Kotamobagu, Fahrin Ambaru, mengimbau agar dana insentif digunakan sesuai perencanaan yang sudah ditetapkan. “Desa yang menerima insentif harus memprioritaskan program yang tertuang dalam RPJM Desa dan RKP Desa. Dana ini penting untuk digunakan secara optimal dan tepat sasaran demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Fahrin Ambaru, Kamis (5/9/2024).

Penyaluran insentif ini diharapkan dapat mendorong transparansi, efisiensi, dan pembangunan berkelanjutan di desa-desa penerima, serta memperkuat tata kelola keuangan yang lebih baik dan akuntabel.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini