Beranda Daerah Kotamobagu Buka Bimtek Penyusunan Peta Bisnis Perangkat Daerah, Asisten III Setda Kotamobagu Agung...

Buka Bimtek Penyusunan Peta Bisnis Perangkat Daerah, Asisten III Setda Kotamobagu Agung Adati Ungkapkan ini

78
0
Asisten III Setda Kotamobagu Agung Adati Buka Bimtek Penyusunan Peta Bisnis Perangkat Daerah. (Diskominfo Ktg)

IKNews, Kotamobagu – Mewakili Pj Wali Kota Koamobagu Asripan Nani, Mohammad Agung Adati yang menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kotamobagu membuka bimbingan Teknis Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah. Rabu 25 Oktober 2023, di Hotel Aryaduta Manado.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah peserta dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani perencanaan, perangkat daerah yang menangani SPBE, Inspektorat, dan seluruh kasubag perencanaan di seluruh OPD.

Dalam kegiatah tersebut, narasumber dari Kementerian PANRB Hijrah Apriansyah S.Kom, memberikan wawasan berharga seputar penyusunan peta proses bisnis.

Agung Adati menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada masing-masing instansi pemerintahan.

“Penyusunan peta proses bisnis dianggap sebagai langkah wajib karena menjadi acuan yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi untuk mencapai kinerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,” Ungkap Adati.

Menurut Adati, pemaparan materi oleh narasumber meliputi alur proses peta bisnis dari penyusunan peta proses, peta subproses, peta relasi, hingga peta lintas fungsi dalam bentuk diagram.

Sementara itu, kabah organisasi setda kotamobagu Ahmad Afandy menambahkan bahwa Kotamobagu telah berhasil menyelesaikan penyusunan peta proses bisnis level pemerintah kota, dan selanjutnya akan fokus pada penyusunan peta bisnis perangkat daerah.

“Ini adalah salah satu langkah penting dalam Reformasi Birokrasi dan akan menjadi acuan dalam pembuatan SOP, ” Tuturnya.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini