Beranda Daerah Bupati FDW : Mari bersama Sukseskan Pelaksanaan Surveilans Gizi Puskesmas di Minsel

Bupati FDW : Mari bersama Sukseskan Pelaksanaan Surveilans Gizi Puskesmas di Minsel

78
0

IKNews,Minsel – Surveilans gizi berfungsi untuk memberikan Informasi keadaan gizi masyarakat dan faktor yang mempengaruhinya secara cepat,akurat dan berkelanjutan sehingga dapat digunakan untuk menetapkan kebijakan gizi maupun penanggulangan masalah gizi.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Bupati Franky Donny Wongkar,SH yang akrab disapa FDW dalam arahannya menghimbau instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan Surveilans Gizi Puskesmas di Minahasa Selatan agar sesuai tahapan-tahapan sehingga dapat mencapai pengambilan keputusan dalam manajemen Kesehatan serta pengendalian kondisi Kesehatan, himbau FDW.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr.Wiwin Opod mengatakan,
atas arahan Bapak Bupati maka kami Tim dari Dinas Kesehatan beserta dengan Puskesmas Tumpaan berkunjung ke Desa Popontolen ke keluarga yang anaknya menderita Kondisi Khusus, sesampainya di lokasi bersama Perangkat Desa Popontolen, setelah sampai kerumah didapati bahwa anak dengan kondisi Khusus berupa Kepala Membesar (Hidrocepalus).
Hidrosepalus adalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan cairan di otak dan meninkatkan tekanan di otak.
Sehingga menyebabkan ukuran kepala membesar. Tim menjelaskan mengenai Hidrosepalus dan penanganannya kepada keluarga. dan sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada Masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan serta menyakinkan keluarga bahwa kondisi pembesaran kepala anak tersebut dapat ditangani namun di lakukan di Rumah Sakit apabila ada kesepakatan dari keluarga. Sebagai bentuk kepedulian pemerintah, Tim menyerahkan bantuan berupa beras,telur dan susu kepada keluarga.

Kegiatan ini merupakan salah satu sample pelaksanaan surveilans gizi puskesmas di Minahasa Selatan merupakan upaya dari Pemerintah melalui Dinas Kesehatan dalam mewujudkan Kabupaten Minahasa Selatan Maju,betkeperibadian dan sejahtera, tutup Opod.
(A’Lan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini