Beranda Kab. Minut Pemerintah Kabupaten Minut Gelar Festival Olahraga Desa Wisata 2024 

Pemerintah Kabupaten Minut Gelar Festival Olahraga Desa Wisata 2024 

71
0
Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan sektor pariwisata dan budaya dengan menyelenggarakan Festival Olahraga Desa Wisata (Fordeswita) 2024 di Pantai Pall, Desa Marinsow, Likupang Timur.

IKNews, MINUT — Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan sektor pariwisata dan budaya dengan menyelenggarakan Festival Olahraga Desa Wisata (Fordeswita) 2024 di Pantai Pall, Desa Marinsow, Likupang Timur.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan menjadi sorotan karena keberhasilannya dalam menggabungkan olahraga, budaya, dan pariwisata.

Fordeswita 2024 tidak hanya berfokus pada aspek olahraga, tetapi juga melibatkan kegiatan bakti sosial, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, bazar kuliner khas, dan pameran kerajinan lokal dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kegiatan ini menambah nilai tersendiri bagi festival, menjadikannya sebagai ajang promosi pariwisata dan budaya yang unik.

Ketua Panitia Fordeswita 2024, Sekretaris Daerah Ir. Novly Wowiling, menjelaskan bahwa acara ini merupakan langkah awal dalam melestarikan olahraga tradisional sekaligus mempromosikan Likupang sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Fordeswita adalah kolaborasi luar biasa bersama para pemangku kepentingan, diikuti oleh 55 desa wisata se-Sulawesi Utara. Kami berharap masyarakat tidak hanya sehat dan bugar, tetapi juga aktif melestarikan budaya lokal, karena kekayaan pariwisata dan budaya Minahasa Utara mampu menjadi magnet bagi wisatawan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Utara, Jemmy Ringkuangan, yang membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara, juga memberikan apresiasi terhadap acara ini.

“Fordeswita 2024 adalah momentum istimewa sebagai proyek percontohan di Indonesia. Selain mengembangkan olahraga masyarakat, acara ini memperkuat branding pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Likupang, di tingkat nasional dan internasional,” ungkap Ringkuangan.

Acara pembukaan Fordeswita 2024 dimeriahkan dengan beragam atraksi budaya, termasuk tarian Katrili, musik Bia, Pato Pato, Kambasaran, Line Dance, Maengket, dan senam pernapasan. Berbagai tokoh penting turut hadir, termasuk Ketua Umum Kormi Nasional Hayono Isman, Pjs. Bupati Minahasa Utara Reza Dotulung, serta perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Festival ini juga menyajikan berbagai perlombaan menarik, seperti hadang, catur, lari karung, tarik tambang, fun run 10K, dan lomba line dance.

Dengan beragam kegiatan tersebut, Fordeswita 2024 diharapkan dapat semakin memperkuat citra Minahasa Utara sebagai destinasi wisata budaya dan olahraga yang menginspirasi.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini