Beranda Kota Bitung Danrem 131/STG Panen Jagung Perdana Dikebun Hanpangan Kodim 1310 Bitung

Danrem 131/STG Panen Jagung Perdana Dikebun Hanpangan Kodim 1310 Bitung

22
0

IKNnews Sulut- Bitung, Di dampingi Dandim 1310/Bitung, Letkol Czi Hanif Tupen, ST.,M.I.P, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip gelar panen jagung perdana di kebun ketahanan pangan Kodim 1310/Bitung di Desa Kema 1, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara. Senin, (7/10/24).

Dalam sambutannya, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah daerah yang telah membantu kesuksesan Hanpangan di wilayah Kodim 1310/Bitung Korema 131/Stg.

“Seperti kita ketahui bersama sekitar 4 bulan lalu kita menanam jagung bersama di lokasi ini, dan puji syukur saat ini kita bisa menuai hasilnya. Sehingga nantinya bisa di rasakan oleh masyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepada sejumlah wartawan, Danrem 131/Stg mengatakan pada hari ini pihaknya bersama Dandim Bitung, camat, masyarakat dan pemerintah daerah melaksanakan panen jagung seluas 20 Hektar.

“Hasilnya perhektar cukup bagus, perhektar hasilnya kita dapat 5 Ton. Dan Program ketahanan pangan ini kita laksanakan sudah jauh-jauh hari sebelumnya dan ini merupakan operasi teritorial Kodim Bitung,”Kata Danrem.

Lanjut, Danrem mengatakan penanaman jagung ini dilaksanakan secara bertahap dengan luas 100 Hektar.

“Untuk wilayah teritorial Kodim 1310/Bitung yang meliputi Bitung dan Minut sekitar 70 Hektar dan Kodim Bolmong 30 hektar dengan melibatkan masyarakat kelompok tani dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah,”tambahnya.

Sementara itu, salah satu warga mengatakan dengan adanya Hanpangan yang dilaksanakan kodim 1310/Bitung merasa sangat terbantukan.

“Dengan adanya ketahanan pangan ini, kami mendapatkan bimbingan dan arahan lewat Babinsa bagaimana cara bercocok tanam yang baik cara pemupukan sehingga mendapatkan peningkatan hasil yang baik,”ungkap Fikri.

“Dengan adanya program ini juga, orang orang tua kami dengan SDM menengah kebawah mendapatkan masukan penghasilan setara dengan UMP. Dan kami berharap kegiatan ini berjalan terus,”tambahnya lagi.
Turut hadir dalam kegiatan, Pejabat teras Korem 131/Stg, Hukum Tua Kema 1, dan Para Danramil jajaran Kodim 1310/Bitung. (Cax)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini