Beranda Hukum & Kriminal Kodim 0736/Batang Gelar Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024

Kodim 0736/Batang Gelar Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024

8
0
Gambar: Kodim 0736/Batang Gelar Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024, (5/10/2024).

IKNews, BATANG – Peringatan HUT ke-79 TNI kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut sangat tepat dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan mampu beradaptasi dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut, bahwa TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman saat menjadi Irup (Inspektur Upacara) menyampaikan pesan dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Saat ini telah terjadi perkembangan lingkungan strategis, sehingga diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks. Selain menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru, juga membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan.

“Perkembangan situasi ini harus terus diikuti dan menjadi dasar dalam menyiapkan kapasitas TNI dari waktu ke waktu. Untuk itu, TNI perlu diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi yang modern,” bebernya.

Hingga saat ini TNI terus mendapatkan kepercayaan dan tempat dihati rakyat Indonesia. Namun demikian, hal tersebut janganlah menjadikan kita lemah dan cepat berbangga diri, masih ada yang perlu kita benahi sehingga TNI benar-benar dapat diandalkan dalam menjaga kedaulatan bangsa, melindungi keutuhan wilayah NKRI.

“Menjelang suksesi kepemimpinan dari Presiden Joko Widodo, kepada Presiden Terpilih Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, tentu di masa kepemimpinan beliau nanti, TNI akan semakin kuat, berwibawa dan disegani dunia,” tegasnya, saat memimpin upacara di Makodim Batang, Sabtu (5/10/2024).

Meskipun di daerah, namun menjelang pelantikan presiden terpilih, setiap prajurit harus selalu waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang berusaha memecah belah soliditas TNI. “Pertahankan dan tingkatkan soliditas serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang berBhinneka Tunggal Ika,” imbaunya.

Sebagai prajurit harus meningkatkan kewaspadaan, diimbangi profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan. “Bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah dan semua instansi maupun komponen, untuk menjamin terlaksananya Pilkada yang aman, tertib dan lancar,” ungkapnya.

Dandim kembali mengingatkan agar anggotanya senantiasa melaksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau merugikan rakyat. “Ini karena tugas kita semata-mata demi kepentingan rakyat, bangsa dan negara,” tandasnya.

Kegiatan upacara diikuti oleh anggota Militer maupun PNS Kodim 0736/Batang, anggota Pos AL Batang, Komcad, Minved Batang, LVRI, PPAD, PEPABRI, Banser, Kokam, Pemuda Pancasila, PP Sri Kandi, FKPPI, PPN, PGN, Laskar Merah Putih, Grib Jaya Hercules, Squad Nusantara, pelajar SMA dan Kwartir Pramuka Batang.*

Peliput: Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini