Beranda Nasional Tiga Ribu Pelajar Batang Makan Bergizi secara Gratis

Tiga Ribu Pelajar Batang Makan Bergizi secara Gratis

43
0
Gambar: Tiga Ribu Pelajar Batang Makan Bergizi secara Gratis, (18/9/2024).

IKNews, BATANG – Makan bergizi gratis yang menjadi program unggulan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo – Gribran, mulai disimulasikan kepada tiga ribu pelajar pada jenjang SD hingga SMA sederajat di Kecamatan Batang. Saat ini program tersebut masih disimulasikan, sehingga tim Repro Mandiri 08, belum dapat memastikan besaran anggaran, untuk memenuhi kebutuhan makan bergizi gratis seluruh pelajar se-Kabupaten Batang.

Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani memastikan, saat ini fokus dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto yakni makan bergizi gratis yang realisasinya usai resmi dilantik sebagai Presiden RI. “Praktiknya Januari 2025, kepada pelajar TK, SD, SMP, SMA sederajat termasuk pondok pesantren se-Indonesia,” terangnya, saat memantau simulasi makan bergizi gratis, di lapangan Dracik Kampus, Kabupaten Batang, Rabu (18/9/2024).

Diakuinya, tidak mudah untuk memberi makan siang gratis kepada 80 juta lebih anak-anak di Indonesia setiap harinya. Maka simulasi menjadi langkah persiapan agar program tersebut berjalan lancar dan berdampak pada kualitas gizi anak Indonesia hingga pertumbuhan perekonomian nasional.

“Dari data yang ada, tingkat sarapan anak Indonesia masih cukup tinggi, hanya saja konsumsi susunya masih rendah di tingkat Asia Tenggara. Jadi sejak awal harus dilakukan pembiasaan minum susu dan makan makanan bergizi, demi mencegah kekurangan gizi pada anak Indonesia,” tegasnya.

Saat ini Tim Repro Mandiri 08, bersama lembaga berwenang masih melakukan penghitungan karena besaran anggaran tiap satuannya berbeda di masing-masing daerah. “Ini karena topografi dan masyarakatnya berbeda-beda, misalnya Batang berbeda dengan Jakarta, Sumatra berbeda dengan Maluku,” bebernya.

Ia memastikan, ketika program tersebut direalisasikan akan menggunakan anggaran bersumber dari APBN. “Kalau simulasi ya mandiri dari para relawan yang membantu pemenangan saat Pilpres lalu,” ujarnya.

Respons anak-anak sangat positif dalam menyambut progam tersebut. Nantinya Tim Repro Mandiri 08 akan segera ke Jakarta untuk melaporkan segala masukan dari Kabupaten Batang.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengapresiasi digelarnya simulasi tersebut karena sebagai bukti perhatian pemerintah kepada pelajar SD untuk mendapatkan makanan sehat. “Manfaatnya jelas meningkatkan kesehatan anak, karena menunya tidak cuma mengenyangkan, tapi juga sudah terukur angka kecukupan gizinya,” tegasnya.

Salah satu pelajar, Danis siswa kelas 6 SD Proyonanggan 11 mengaku senang karena memperoleh makan siang gratis. “Ya senang sekali karena dapat makan gratis. Rasanya enak isinya tadi ada nasi, ayam, tempe, sayur, pisang sama susu coklat,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut : Wakil Ketua MPR RI , Bp. H. Ahmad Muzani, Pj. Bupati Batang Dra. Lani Dwi Rejeki, MM, Dandim 0736/Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman, SE., M.I.Pol., M. Han, Kapolres Batang AKBP. Nurcahyo A. P, SH., S.IK., M.H, Kakan Kemenag Kabupaten Batang Bpk.H.Akhmad Farkhan, Kepala Kejaksaan Negeri Batang diwakili Kaur TU dan kepegawaian Ibu Asri Wiyanti, Ketua Umum DPP Repro Mandiri 08,- Bpk. Rahman Fajriyansah, SH., Sekretaris Jenderal Repro Mandiri 08,- Bpk. Ardas Patra, S.Ip. M.E., Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang, Calon Bupati Batang Bpk. M. Fais Kurniawan, SH., MH, Para guru pendamping dan Para peserta dari SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan.*

Peliput: Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini