Beranda Hukum & Kriminal Manfaatkan Lahan Kosong, Koramil Warungasem Budidaya Ikan Air Tawar

Manfaatkan Lahan Kosong, Koramil Warungasem Budidaya Ikan Air Tawar

74
0
Gambar: Manfaatkan Lahan Kosong, Koramil Warungasem Budidaya Ikan Air Tawar, (9/9/2024).

IKNews, BATANG – Dalam rangka untuk mendukung ketahanan pangan, Serka Yugo Rusyanto Babinsa Koramil 11/Warungasem Kodim 0736/Batang, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang Perikanan dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar kantor Koramil.

P3MP ini yakni pembudidayaan ikan mujaer dan ikan lele ini di lahan kosong milik Koramil 11/Warungasem tepatnya di jalan raya Warungasem Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, Senin (9/09/2024).

Kegiatan saat ini masih dalam tahap permeliharaan dan pembesaran dengan memberi pakan setiap pagi dan sore hari.

“Budidaya ikan mujaer dan lele ini dilakukan selain untuk memanfaatkan lahan kosong, juga manfaatnya bisa dirasakan oleh anggota Koramil dan warga sekitar”.

“Kemarin saat panen ikan lele, semua anggota Koramil 11/Warungasem membawa pulang hasil panen untuk dimasak keluarga dan sebagian kami bagikan ke warga sekitaran Koramil,” ujarnya.

Untuk saat ini baru untuk kebutuhan anggota dan warga sekitar kantor Koramil, namun sudah ada permintaan dari pedagang ikan yang siap membeli ikan air tawar saat panen nanti.

“Memang saat ini jumlah permintaan ikan terutama ikan air tawar semakin hari semakin bertambah, hal tersebut membuka peluang usaha bagi kami untuk melakukan budidaya ikan air tawar di antaranya ikan mujaer dan ikan lele yang sangat diminati pembeli,” ucap Serka Yugo.

Yuda juga menyebutkan, dengan adanya budidaya ikan mujaer dan lele tersebut, diharapkan juga bisa menjadi contoh bagi masyarakat yang lain agar memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumahnya.

“Dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian juga Ketahanan Pangan (Hanpangan) di wilayah binaan,” pungkasnya.*

Peliput: Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini