Beranda Kabupaten Kendal Tim RMIK Poltekkes Semarang Gelar Sosialisasi Platform Satu Sehat di Desa Sumberejo

Tim RMIK Poltekkes Semarang Gelar Sosialisasi Platform Satu Sehat di Desa Sumberejo

50
0
Gambar: Tim RMIK Poltekkes Semarang Gelar Sosialisasi Platform Satu Sehat di Desa Sumberejo, (2/8/2024).

IKNews, KENDAL – Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Poltekkes Kemenkes Semarang melaksanakan kegiatan pengabdian Masyarakat di Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu, Jumat (02/08/2024)

Pemberdayaan Kader Kesehatan dalam Pemanfaatan Platform Satu Sehat Berbasis Digital untuk Mendukung Transformasi Teknologi Kesehatan di Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang layanan kesehatan yang tersedia dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan nasional.

Dalam kegiatan ini, diawali dengan memberikan pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim pengabdi kemudian hasil pemeriksaannya dicatat oleh Mahasiswa dan didokumentasikan sebagai riwayat pemeriksaan kesehatan.

Selanjutnya tim pengabdian masyarakat memberikan sosialisasi kepada Kader Kesehatan tentang Platform SatuSehat yang merupakan inovasi terbaru dalam bidang kesehatan serta memberikan pendampingan dalam menginput hasil pemeriksaanya ke dalam aplikasi SatuSehat.

Platform ini menyediakan berbagai informasi dan layanan kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat secara mudah melalui perangkat digital. Salah satu tim pengabdi, Arief Azhari Ilyas, A.Md.RMIK., S.St., M.K.M selaku ketua tim, menjelaskan bahwa platform SatuSehat merupakan perwujudan dari pilar ke enam transformasi sistem kesehatan yaitu pilar transformasi teknologi kesehatan. Tim pengabdi juga membuat poster dan buku panduan penggunaan Aplikasi Satu Sehat.

Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat menggunakan poster tersebut sebagai media sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan utamanya untuk mendukung transformasi sistem kesehatan yang diprogramkan oleh Kementerian Kesehatan.

Dalam pelaksanaan kegiatan, tim pengabdian masyarakat bekerja sama dengan mitra lokal, yaitu masyarakat Desa Sumberejo. Kegiatan sosialisasi dilakukan secara langsung dan interaktif, sehingga masyarakat dapat memahami dengan baik manfaat dan cara menggunakan SatuSehat mobile.

Melalui kegiatan ini, diharapkan pengetahuan masyarakat tentang layanan kesehatan dapat meningkat, sehingga mereka dapat lebih aktif dalam menjaga kesehatan pribadi dan keluarga. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan nasional.

SatuSehat Mobile merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat dalam proyek Pengabmas 2024 di Desa Sumberejo, Kabupaten Kendal.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan platform Satu Sehat berbasis digital untuk mendukung transformasi teknologi kesehatan.

Terdapat 10 fitur pada Satu Sehat Mobile antara lain cari obat, cari nakes, pengingat minum obat, vaksin dan imunisasi, hasil tes covid-19, cari rawat inap, pelayanan kesehatan, diari kesehatan, pertumbuhan anak serta resume medis.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini