Beranda Daerah Kotamobagu Dekatkan Layanan Kepada Warga, Pj Wali Kota Kotamobagu Luncurkan Pak Capil Keliling...

Dekatkan Layanan Kepada Warga, Pj Wali Kota Kotamobagu Luncurkan Pak Capil Keliling 2024

61
0
Pj Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta saat mekuncurkan Pak Capil Keliling 2024. (Gie)

IKNews, Kotamobagu – Pj Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, S.H.,M.Si, secara resmi meluncurkan uji coba Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Keliling (Pak Capil Keliling) 2024 di Balai Desa Kopandakan Satu, Senin (26/8). Program ini merupakan inovasi terbaru yang mendekatkan layanan administrasi kependudukan, seperti KTP, KK, dan Akta Kelahiran, langsung kepada masyarakat.

Abdullah Mokoginta menekankan pentingnya dokumen administrasi kependudukan dalam memberikan kejelasan identitas dan status hukum bagi setiap warga. “Dokumen ini sangat penting untuk kepastian dan perlindungan hukum, serta mendukung berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan hingga pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Pak Capil Keliling adalah upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan mudah bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotamobagu, Roi Paputungan, S.E., menyampaikan bahwa layanan ini dirancang untuk mengurangi beban biaya transportasi masyarakat. “Dengan adanya pelayanan keliling ini, masyarakat dapat dilayani lebih dekat dan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi jika ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan,” jelasnya.

Selain itu, dalam acara ini juga dilakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital. Langkah ini merupakan bagian dari upaya modernisasi layanan administrasi kependudukan di Kotamobagu, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kepatuhan masyarakat dalam pengelolaan administrasi kependudukan.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini