Beranda Kabupaten Kendal Upacara HUT ke-79 RI di Desa Triharjo, Kecamatan Gemuh

Upacara HUT ke-79 RI di Desa Triharjo, Kecamatan Gemuh

34
0
Gambar: Upacara HUT RI Ke-79 di Desa Triharjo, Kecamatan Gemuh, (17/8/2024).

IKNews, KENDAL – Telah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera Merah Putih tingkat Kecamatan, dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-79 RI yang bertempat di Lapangan Desa Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal, Sabtu (17/08/2024).

Kegiatan upacara tersebut dihadiri Forkomincam, Korwil Bidik Kecamatan Gemuh, UPTD PUPR Wilayah 2, Kepala Desa dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Gemuh, Anggota Polsek, Anggota Koramil, Kepala Sekolah se-kecamatan Gemuh, Siswa Siswi SD, SMP, SMA swasta dan negeri yang ada di Kecamatan Gemuh, LVRI serta ormas-ormas yang ada baik dari Banomnya NU, NU sendiri, Muhammadiyah, Himpaudi, IGTKI, KKN UIN Walisongo.

Dalam kegiatan tersebut Ibu Camat Gemuh Kartini, SSTP.M.M Sebagai (pembaca naskah Proklamasi) sebagai inspektur Upacara.
Pasukan Pengibar Bendera: MA NU 05 Gemuh.
Komandan upacara (Pelda Sisyono, SH)
Pembaca Naskah UUD 1945: Akhmad Sya’ban, S. Pd., M. Pd. (Korwil Bidik Kec. Gemuh)
Pembaca Doa: Kepala KUA Gemuh
Paduan suara: SMPN 1 Gemuh

Setelah Kegiatan Upacara dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan hiburan dangdut di lapangan Desa Triharjo, nanti malam ada pengajian, selanjutnya di wilayah masing-masing masih ada sampai tanggal 30 Agustus 2024.

Kiswanto Sekretaris Desa Triharjo, “Rencananya nanti mungkin, kalau masih memungkinkan juga ada wayang kulit di awal September, karena mengingat waktu ya mungkin di bulan Agustus ini tidak cukup untuk menggelar itu, tapi mungkin kita ada waktu awal September, Setiap Agustus seperti tahun kemarin ada wayang kulit di lapangan Desa Triharjo dilaksanakan setiap tahun sekali, kemudian tahun ini semoga saja bisa terlaksana, karena ini juga masih menunggu untuk kepastiannya terkait wayang kulit itu,” ungkap Kiswanto.

“Tujuannya hiburan orkes dangdut ini kami ingin warga masyarakat Desa Triharjo merasa bergembira dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ini, setidaknya warga bisa dalam satu tahun ini dari pihak desa bisa memberikan hiburan bagi masyarakat kami, baru pertama kali ini untuk upacara detik-detik Proklamasi di Desa Triharjo, biasanya hanya terpusat di sekitar Kecamatan kalau tidak di Taman Gede kalau tidak di Desa Pamriyan, kebetulan saja bisa kami tarik di Desa kami, terima kasih banyak untuk Bapak Kepala Desa yang sudah bisa berkenan untuk menyelenggarakan upacara di Desa kami ini,” pungkas Kiswanto.

“Kedepannya semoga saja terutama walaupun mungkin nanti upacaranya tidak di Desa kami, tapi untuk acara peringatan yang berkaitan dengan warga kami harapkan bisa meriah bisa semarak lagi,” harap Kiswanto.

Kegiatan ini tidak hanya dalam memperingati HUT RI yang ke-79 tahun, tetapi juga sebagai momen untuk mengingat kembali pengorbanan para pejuang di masa penjajahan yang memperjuangkan bendera merah putih untuk dikibarkan (merdeka dari penjajah). Dan moment ini juga dijadikan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama masyarakat. Dengan semangat Nasionalisme semoga kita bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.

Prosesi penutupan dalam rangka Memperingati HUT RI ke-79 Tahun tanggal 17 Agustus 2024 telah dilaksanakan upacara penurunan bendera merah putih bertempat di lapangan Desa Triharjo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini