Beranda Kabupaten Kaur ANBK, Langkah Strategis untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Berkualitas

ANBK, Langkah Strategis untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Berkualitas

221
0
Gambar: ANBK, Langkah Strategis untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Berkualitas, (20/8/2024).

IKNews KAUR – Pada Senin tanggal 19 Agustus-20 Agustus 2024, SMKN 5 Kaur melaksanakan kegiatan ANBK Tahun 2024 Gelombang 1 Jenjang SMK yang sudah dijadwalkan oleh pusat. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2024 merupakan evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menggantikan Ujian Nasional (UN). ANBK bertujuan untuk menilai mutu pendidikan di setiap sekolah di seluruh Indonesia. Asesmen ini melibatkan tiga komponen utama, adapun jumlah siswa siswi yang mengikuti ANBK pada gelombang ini berjumlah 45 orang.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Survei Karakter: Mengukur karakter dan nilai-nilai moral siswa.

Survei Lingkungan Belajar: Mengukur kondisi lingkungan belajar di sekolah.

Kepala sekolah SMKN 5 Kaur menjelaskan, bahwa ini bukanlah Penentu Kelulusan: AN tidak digunakan untuk menentukan kelulusan individu peserta didik, tetapi lebih sebagai alat untuk perbaikan pendidikan. Oleh karena itu, peserta didik dapat mengikuti AN tanpa tekanan berlebihan dan fokus pada pembelajaran yang lebih bermakna ujar kepsek, Desti Yulita saat dibincangi di ruang kerjanya.

Lanjutnya Peningkatan Mutu Pembelajaran: Berdasarkan hasil AN, sekolah dapat merumuskan strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan memberikan perhatian khusus pada area yang membutuhkan peningkatan.

Dengan demikian, mengikuti Asesmen Nasional adalah langkah penting bagi peserta didik untuk turut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional tutup kepsek SMKN 5 Kaur, Desti Yulita.*

Peliput: Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini