Beranda Pemilu KPU KPU Boltim Gelar Bimtek Pengelolahan dan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc

KPU Boltim Gelar Bimtek Pengelolahan dan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc

98
0
Gambar: KPU Boltim Gelar Bimtek Pengelolahan dan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc, (18/8/2024).

IKNews, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan badan adhoc dalam penyelenggaraan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tahun 2024. Bertempat di Kampung Etan Desa Liberia Timur, Minggu (18/8/2024).

Dalam sambutannya di kegiatan tersebut ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto meminta seluruh badan adhoc agar dapat bekerja maksimal, serta membangun kerja sama antara PPK dan PPS dalam melaksanakan tugas saat pelaksanaan pilkada nanti dengan penuh tanggung jawab serta dapat menjaga netralitas sebagai penyelenggara.

“Sebagai penyelenggara pemilu Saya berharap agar kita dapat menjaga netralitas, jangan sampai saat pilkada nanti ada yang sudah masuk dalam tim pemenangan salah satu Paslon, kita sebagai penyelenggara fokus saja dalam menyukseskan pilkada ini,” ungkapnya.

Sementara itu Yohanes M.U Simarmata Kasubsi A intelijen Kejaksaan negeri Kotamobagu yang menjadi narasumber di kegiatan ini menyampaikan terkait petunjuk teknis pengelolaan dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana hiba KPU pada pilkada tahun 2024 kepada badan adhoc.

“Untuk badan adhoc agar setiap pelaksanaan kegiatan baik itu untuk blanja bahan dan blanja honorarium serta blanja non operasional lainya agar harus disertai dengan bukti pertanggungjawaban yang sah dan diutamakan pembayarannya secara non tunai,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dimungkinkan pembayaran secara tunai namun harus dilampirkan dengan surat pernyataan bahwa tidak dapat melakukan pembayaran secara non tunai sebagaimana nanti ada lampiran keputusan KPU Nomor 950 tahun 2024.

“Ketika semua dilakukan sesuai petunjuk teknis pengelolaan dan pertanggungjawaban dana hiba pilkada ini, maka diharapkan badan adhoc baik itu dari Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS ini dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik efektif dan efisien,” tegasnya.

Turut hadir Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto Ikal salehe kadiv parmas, mewakili polres Bripka Bambang Sukamat, Kasubag Ipul, Badan Adhoc se-Kabupaten Boltim, Kejaksaan Yanahes, Insektorat Boltim Ari purwadi mokoginta, ST.*

Peliput: Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini