Beranda Kab. Minut Minahasa Utara Dipilih sebagai Lokasi Pilot Project Festival Olahraga Desa Wisata

Minahasa Utara Dipilih sebagai Lokasi Pilot Project Festival Olahraga Desa Wisata

247
0
Kabupaten Minahasa Utara terpilih sebagai pilot project ajang Festival Olahraga Desa Wisata (Fordeswita), dengan Desa Marinsow di Kecamatan Likupang Timur menjadi pusat penyelenggaraan. Pemilihan ini dilakukan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI).

IKNews, MINUT – Kabupaten Minahasa Utara terpilih sebagai pilot project ajang Festival Olahraga Desa Wisata (Fordeswita), dengan Desa Marinsow di Kecamatan Likupang Timur menjadi pusat penyelenggaraan. Pemilihan ini dilakukan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI).

Ketua Fordeswita Nasional Brigjend Pol (Purn) dr. Leny Pintowari, Sp.KO, mengumumkan di Airmadidi pada Kamis bahwa Fordeswita akan digelar di tiga provinsi, dengan Sulawesi Utara sebagai salah satu penyelenggara yang berpusat di Minahasa Utara. “Fordeswita ini adalah ajang mendekatkan olahraga masyarakat ke dalam ekosistem pariwisata, khususnya di desa pariwisata, dan Minahasa Utara menjadi pilot project pertama di Sulut,” ujar dr. Leny Pintowari.

Dr. Leny menjelaskan bahwa festival ini merupakan bagian dari misi menuju Indonesia emas 2045, sekaligus untuk menyehatkan dan membugarkan masyarakat Indonesia. “Melalui Fordeswita, yang juga merupakan road to Pornas for Deswita, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran bagi masyarakat. Kami mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang siap menyelenggarakan Fordeswita di Desa Marinsow,” tambahnya.

Festival ini mengombinasikan olahraga masyarakat dan wisata, serta melibatkan unsur ekonomi kreatif di mana UMKM turut berpartisipasi. “Harapannya Fordeswita dapat berjalan lancar, sukses, menggembirakan, dan menyehatkan masyarakat serta desa-desa wisata di Sulawesi Utara yang akan berpartisipasi,” ungkap dr. Leny.

Panca R. Sarungu, Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, menyatakan bahwa Desa Marinsow terpilih sebagai lokasi kegiatan dari 6.016 desa wisata yang ada di Indonesia. “Minahasa Utara, khususnya Desa Marinsow, menjadi salah satu dari tiga desa yang dipilih,” ujarnya.

Wakil Ketua KORMI Sulut, Jendry Sualang, S.Pd, M.Pd, menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandow, merespons positif pemilihan Minahasa Utara sebagai lokasi Fordeswita. Dukungan penuh juga datang dari Ketua KORMI Sulut, Annie Dondokambey.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, melalui Sekretaris Daerah Novly Wowiling, mengaku bangga atas pemilihan Minahasa Utara sebagai pusat penyelenggara Fordeswita. “Kami siap menyambut dan mensukseskan Fordeswita di Desa Marinsow,” ujarnya.

Pertemuan sekaligus pemaparan Fordeswita yang akan berlangsung pada Oktober 2024 mendatang digelar di lantai tiga kantor Bupati, dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga serta jajaran Dispora Minut.(Denny Lengkong)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini