Beranda Kabupaten Kaur Dukung Ketahanan Pangan, Desa Padang Genteng Budidaya Ikan Lele

Dukung Ketahanan Pangan, Desa Padang Genteng Budidaya Ikan Lele

52
0
Gambar: Dukung Ketahanan Pangan, Desa Padang Genteng Budidaya Ikan Lele, (1/8/2024).

IKNews, KAUR – Desa Padang genteng Kecamatan Kaur Selatan melalui DD terus bergerak meningkatkan ketahanan pangan dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi di lingkungan setempat melalui zona ketahanan pangan dengan cara pembudidayaan ikan tawar yaitu ikan lele bertempat di Kolam Ketahanan Pangan Desa Padang Genteng.

Kepala Desa Padang genteng, Khairul Saleh mengatakan sebagai bentuk implementasi instruksi dari kemendes untuk membantu dalam mengantisipasi kemungkinan krisis pangan maka desa padang genteng melaksanakan pembudidayaan ikan lele.

Ketahanan pangan ini berupa budidaya ikan lele sebanyak 8000 ekor dimana sangat banyak manfaat yang diperoleh baik masyarakat setempat dan desa tetangga sehingga lebih mengenal bagaimana cara budidaya lele dan pemanfaatan lahan sempit untuk mengisi kesibukan tugas sehari-hari dan manfaat lainnya untuk dibagikan ke warga.

Khairul Saleh mengatakan saat ini kita mulai mengembangkan atau pembesaran ikan lele dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada, apa yang dilakukan ini adalah sebagai upaya mendukung ketahanan pangan terutama pada komoditi pemenuhan ikan air tawar.

Adanya budidaya ikan lele yang saat ini dikembangkan tersebut dirinya berharap, akan bisa memberikan motivasi khususnya kepada masyarakat sekitar untuk ikut budidaya ikan air tawar khususnya lele, sehingga kebutuhan akan ikan air tawar bisa terpenuhi, dan tak kalah penting, untuk menunjang ekonomi.

Nantinya hasil dari budidaya ikan lele ini selain untuk dikonsumsi sendiri juga akan kita bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga tujuan dari kegiatan ini yaitu ketahanan pangan wilayah bisa tercapai.

“Kegiatan tebar ini disaksikan oleh Bhabinkamtibmas, BPD dan juga dari pihak pendamping lokal desa,” ujar Khairul saleh.*

Peliput : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini