Beranda Pemilu Bawaslu Bawaslu Kota Manado Gelar Sosialisasi Pengawasan untuk Pemilih Pemula di Pemilu 2024

Bawaslu Kota Manado Gelar Sosialisasi Pengawasan untuk Pemilih Pemula di Pemilu 2024

472
0
Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Manado menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Pemilih Pemula pada Rabu (31/7/24).

IKNews, MANADO – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Manado menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Pemilih Pemula pada Rabu (31/7/24).

Dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu sangat memerlukan dukungan dan partisipasi masyarakat. Kolaborasi dengan masyarakat menjadi kunci utama dalam meningkatkan partisipasi pengawasan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya pemilih pemula, agar aktif mengawasi seluruh tahapan pilkada hingga selesai.

Pemilih pemula memiliki peran penting dalam mengawal setiap tahapan pemilihan yang sedang berlangsung. Sebagai negara demokrasi, hak pilih masyarakat yang telah memenuhi syarat dilindungi oleh undang-undang dan wajib digunakan dalam pilkada yang akan datang.

Pemilih pemula perlu dibekali pengetahuan terkait tahapan pilkada karena mereka sangat rentan terhadap pengaruh politik uang. Mengingat Bawaslu hanya memiliki satu Pengawas Kelurahan Desa (PKD), pengawasan maksimal sangat sulit dilakukan tanpa dukungan masyarakat. Oleh karena itu, Bawaslu menggandeng pemilih pemula sebagai mitra untuk membantu menekan potensi kecurangan dalam setiap tahapan.

Kegiatan ini merupakan langkah penting bagi Bawaslu dalam mengawasi pilkada dengan bantuan seluruh elemen masyarakat. Keterlibatan berbagai pihak diperlukan agar proses pemilihan tidak hanya berjalan dengan integritas, tetapi juga memastikan bahwa suara dan hak pilih dihargai dengan baik.

Sebagai lembaga pengawas pemilihan, Bawaslu sangat menghargai dukungan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat. Kerja sama yang erat antara Bawaslu dan masyarakat dapat menciptakan lingkungan pemilihan yang transparan, jujur, adil, dan demokratis.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan para pemilih pemula dapat menjadi pemilih yang berintegritas dan menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan pemilihan di daerah atau lingkungan masing-masing.

Bawaslu Kota Manado mengimbau seluruh peserta sosialisasi untuk berani mengawasi seluruh tahapan pilkada dan melaporkan jika menemukan pelanggaran yang dilakukan peserta pemilihan maupun penyelenggara pemilu. Jadilah pemilih yang berintegritas dan tegas menolak politik uang agar tercapai pemilihan yang adil dan jujur.

Reporter: Fikri Manzanaris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini