Beranda Jambi 256 Warga Jambi Lepas Bai’at NII, Ikrar Setia NKRI di Lapangan Mapolda...

256 Warga Jambi Lepas Bai’at NII, Ikrar Setia NKRI di Lapangan Mapolda Jambi

343
0

IKNews,Jambi – Dalam sebuah momen penuh makna, 256 warga Provinsi Jambi yang sebelumnya terafiliasi dengan Negara Islam Indonesia (NII) resmi mencabut bai’at dan mengikrarkan kesetiaan mereka kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Lapangan Mapolda Jambi, Kamis sore (25/7/2024).

Acara yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si, ini menjadi bukti nyata komitmen bersama untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Mewakili Bupati Tanjab Barat, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Tanjab Barat H. Dahlan, S.Sos., MM, turut hadir dalam acara penting ini.

Kapolda Jambi dalam sambutannya menekankan bahwa kesetiaan kepada NKRI bukan sekadar slogan, melainkan komitmen mendalam dari setiap warga negara untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

“Setia kepada NKRI bukanlah sekedar slogan, melainkan sebuah komitmen yang mendalam dari setiap warga negara untuk menjaga komitmen persatuan, kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai,” terang Kapolda Jambi

“Melalui kegiatan ini, mari kita perkuat komitmen kita untuk tetap setia kepada NKRI dalam segala kondisi dan situasi,” tegasnya.

Wakil Gubernur Jambi, H. Abdullah Sani, atas nama Gubermur Jambi mewakili pemerintah Indonesia menyatakan menerima dengan baik pencabutan bai’at NII dan ikrar setia NKRI oleh kelompok NII dan simpatisan di Provinsi Jambi.

Sementara itu, Kepala Densus 88 Anti Teror Polri, dalam sambutan yang dibacakan oleh Anjak Tama Bidang Penindakan Densus 88 Anti Teror Brigjen Pol Torik Triyono, menjelaskan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah mengembalikan eks. anggota NII kepada pemahaman yang moderat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Puncak acara ditandai dengan pembacaan cabut bai’at dan Ikrar setia kepada NKRI yang dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan cabut bai’at dan ikrar setia NKRI dari eks. kelompok NII di Provinsi Jambi. Sebagai bentuk komitmen kembalinya anggota NII ke NKRI, mereka juga melakukan penghormatan dan mencium bendera merah putih.

Acara sakral ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Danrem 042/Garuda Putih, para Pejabat Densus 88 Anti Teror Polri, Kajati Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Ketua Pengadilan Agama Jambi, Kabinda Jambi, Bupati/Walikota se Provinsi Jambi, serta tamu undangan lainnya.

Pencabutan bai’at dan ikrar setia NKRI ini menjadi tonggak penting dalam upaya membangun kembali rasa persatuan dan kebersamaan di Provinsi Jambi, serta menegaskan komitmen bersama untuk menjaga keutuhan NKRI.(*)

(M.Jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini