Beranda Daerah Boltim Wakili Bupati Boltim, Harris Pratama Sumanta Membuka Pelatihan Kapasitas Pemuda

Wakili Bupati Boltim, Harris Pratama Sumanta Membuka Pelatihan Kapasitas Pemuda

178
0
Gambar : Wakili Bupati Boltim, Harris Pratama Sumanta Membuka Pelatihan Kapasitas Pemuda, (29/5/2024).

IKNews, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pemuda dan organisasi kepemudaan batch I, yang bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu pada Rabu (29/5/2024).

Pada kesempatan itu Asisten II Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Haris Pratama Sumanta, ST, mewakili Bupati Boltim, Doktor (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, membuka langsung kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia menyampaikan, menghadapi zaman yang makin trend ini pentingnya pelatihan seperti ini guna meningkatkan kesehatan, keterampilan, dan pengetahuan para pemuda.

“Izinkan Saya menekankan pentingnya kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas pemuda ini. Kita semua tahu bahwa di era yang semakin kompleks ini, pemuda harus memiliki kesehatan, keterampilan, dan pengetahuan yang memadai untuk menghadapi berbagai tantangan,” ujar Haris dalam sambutannya.

Ia juga berharap, pemuda harus mempunyai peran penting dalam memajukan bangsa maupun daerah.

“Pemuda adalah tulang punggung bangsa. Mereka harus diberdayakan dan didukung agar mampu berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan masyarakat dan negara,” tambahnya.

Lanjut Sumanta juga, usia bukan menjadi penghalang untuk belajar. “Saya juga ingin menekankan bahwa usia pemuda, yang mungkin berkisar antara 30 hingga 35 tahun, bukanlah batasan untuk terus belajar dan berkembang,” katanya.

Selain itu ia berpesan, pemuda dan pemerintah dapat berkaloborasi, karena sejarah telah menunjukkan betapa besar peran pemuda dalam berbagai dinamika di Kabupaten Boltim.

“Kita tidak bisa hanya menjadi penonton dalam kehidupan ini, kita harus menjadi pelaku aktif. Kita tantang diri kita untuk terlibat dan berkontribusi Jika hanya ingin menjadi penonton, maka kita tidak akan membawa perubahan. Kita tidak boleh berpikir bahwa kita hanya pewaris tanpa tanggung jawab. Sebaliknya, kita adalah pewaris yang harus berperan aktif,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Haris mengajak seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan serius dan niat yang tulus.

“Ikutilah kegiatan ini dengan serius dan niat yang tulus untuk belajar dan berbagi pengetahuan kepada masyarakat, khususnya kepada para pemuda. Dengan demikian, kita dapat membawa dampak positif yang nyata,” pungkasnya.

Diketahui kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Asral Mamonto, Samsudin Dama sekaligus narasumber, Asisten dua Harris Pratama Sumanta.*

Peliput : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini