Beranda Advetorial Pemkab Bolmong Gelar Kegiatan Pisah Sambut secara Adat kepada Bupati Bolmong yang...

Pemkab Bolmong Gelar Kegiatan Pisah Sambut secara Adat kepada Bupati Bolmong yang Baru Jusnan C Mokoginta

743
0
Gambar : Pemkab Bolmong Gelar Kegiatan Pisah Sambut secara Adat kepada Bupati Bolmong yang Baru Jusnan C Mokoginta, (29/5/2024).

IKNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar kegiatan pisah sambut dan penjemputan secara adat Penjabat Bupati Bolmong saat ini dr. Jusnan C Mokoginta M.A.R.S dan pelepasan Penjabat Bupati Bolmong yang lama DR. Ir. Limi Mokodompit M.M Tahun 2022-2024, tepatnya di rumah dinas Bupati, Rabu (29/5/24).

Penjabat Bupati Bolmong yang lama Limi Mokodompit dalam sambutan menyampaikan, tentu di kesempatan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan ini selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara, mengucap selamat dan sukses atas dilantiknya Penjabat Bupati Bolmong yang baru dr. Jusnan C Mokoginta M.A.R.S, bersama ketua tim penggerak PKK Kabupaten Bolmong Nyonya dr. Firlia Mokoagow.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih sukur moanto dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bolmong, Forkopimda, Sekretaris Daerah bersama seluruh jajaran Pemkab Bolmong yang telah bersama-sama dengan kami selama kurun waktu dua tahun sejak 2022 hingga 2024,” ujar Limi.

Bagitu juga kata Limi jajaran TNI/Polri, pimpinan instansi vertikal, staf khusus bupati, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan organisasi keagamaan, kemasyarakatan, para sangadi/lurah, serta perangkat desa kelurahan, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, kaum intelektual, pimpinan partai politik, LSM, dan rekan-rekan pers bahkan seluruh komponen masyarakat di wilayah Bolmong.

“Terima kasih, ketika Saya dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Bolmong, baik dalam bentuk peran serta, partisipasi serta kontribusi kalianlah yang sangat-sangat membantu kami,” jelas Limi.

Di tempat yang sama dalam sambutannya Penjabat Bupati Bolmong yang baru Jusnan C Mokoginta menyampaikan rasa syukur dan mengucapkan Alhamdulillah bisa dipercaya oleh pemerintah pusat, mendapatkan Surat Keputusan (SK) dalam hal ini, dari Kementerian Dalam Negeri untuk menjadi Bupati Bolmong.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara, Saya dan penjabat yang lama sangat paham terhadap aturan, bahwa kita sebagai ASN pada masa-masa transisi seperti ini perlu ditunjuk untuk memimpin kabupaten/kota yang lowong kepala daerah definitifnya,” terang Jusnan.

Untuk itu, tentu sesuai amanat dari Kemendagri dan melalui proses, oleh Gubernur Sulawesi Utara dan Wakil Gubernur melantik Penjabat Bupati Bolmong yang baru dr. Jusnan C Mokoginta M.A.R.S.

“Jadi ini perintah kepada Saya, oleh gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat, untuk melaksanakan seluruh tugas-tugas sebagai Bupati Bolmong,” tambah Jusnan.

Apresiasi kami kepada bupati sebelumnya, Limi Mokodompit yang sering disapa sehari-hari papa Fahmi yang sudah menjalankan program terkait pemberantasan kemiskinan, masalah stunting, kemudian inflasi sedang baik-baik saja.

“Tetapi yang paling penting itu kata gubernur menitipkan kepada Saya, agar supaya pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 bisa berlangsung lancar, kondusif, dan sukses. Itu tugas yang paling utama, begitu juga Forkopimda Kabupaten Bolmong harus sama-sama menyukseskan,” tandas Jusnan.

Terkait prosesi adat, luar biasa sangat berjalan baik. Kami mohon maaf karena di Bolmong sangat terikat dengan adat. Memang, harus kita lalui dengan sabar.

“Kebiasaan seperti ini sudah berlangsung lama ketika ada pergantian pimpinan daerah di Bolaang Mongondow Raya (BMR), khususnya di Bolmong maka adab dan adat didahulukan. Karena, begitu sakralnya,” pungkas Jusnan.

Turut hadir dalam pelaksanaan acara tersebut, selain seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah OPD Pemkab Bolmong bersama jajaran, ada Ketua dan wakil ketua DPRD Bolmong, Anggota DPRD Sulut, mantan Bupati Bolmong Dra. Marlina Moha Siahaan MMS, Ketua DPD Gerindra Sulut Ir. Conny Rumondor, unsur Forkopimda, Sekda Bolmong, para asisten, pimpinan OPD, camat, sangadi/lurah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, serta masyarakat sekitar.*

Peliput : Denny.D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini