Beranda Jambi Kab. Tanjung Jabung Barat Kades Dataran Pinang Resmi Buka MTQ Ke-VI Tahun 2024

Kades Dataran Pinang Resmi Buka MTQ Ke-VI Tahun 2024

350
0

IKNews, KUALA BETARA -Kepala Desa Dataran Pinang MHD.IKHSANI resmi membuka Mussabagah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-VI Tingkat Desa Dataran Pinang Tahun 2024.acara dilaksanakan di halaman Surau Miftahul Huda Parit 14 RT 06 Dusun Selatan Desa Dataran Pinang,Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum’at/ Malam Sabtu,(17/5/2024).

Acara tersebut turut dihadiri oleh bapak Camat Kuala Betara yang diwakili oleh sekcam berserta Anggotanya,ketua BPD Dataran Pinang serta Anggota, Perangkat Desa, Kadus se-Desa,bidan Desa,seluruh ketua RT se-Desa Dataran Pinang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat,Para alim ulama,tokoh adat, tokoh pemuda, Karang Taruna,Dewan Hakim,Panitia pelaksana MTQ dan para tamu undangan lainnya.

Pembukaan MTQ diawali dengan pembacaan Ummul Qur’an,kedua menyanyikan lagu Indonesia Raya,ketiga Pembacaan Ayat -ayat Suci Al-Qur’an dan laporan Ketua panitia pelaksana MTQ Ke-6 tingkat Desa Dataran Pinang.

Seterusnya,usai pembacaan laporan Ketua panitia pelaksana MTQ,dilanjutkan pembacaan surat keputusan kepala desa oleh Dewan Hakim, pengambilan sumpah dan pelantikan dewan hakim, penandatanganan berita acara, pembacaan naskah oleh kepala Desa dan ucapan selamat oleh bapak kepala Desa kepala Dewan Hakim MTQ Ke-VI Desa Dataran Pinang tahun 2024, Kata sambutan Camat Kuala Betara dan terakhir kata sambutan kepala Desa (kades) dataran pinang.

Dalam sambutannya,Kepala desa dataran pinang MHD.IKHSANI, mengucapkan syukur Alhamdulillah atas segala kelimpahan berkah, Rahmat dan karunianya sehingga pada malam hari ini kita dapat Hadir dalam rangka acara pembukaan musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-6 tingkat Desa tahun 2024.

Perkembangan kehidupan beragama ini di Indonesia relatif menggembirakan terutama pada tingkat pelaksanaan ritual keagamaan yang dilakukan,meningkatnya penyediaan sarana dan fasilitas keagamaan yang ditunjukkan dalam kegiatan keagamaan yang tumbuh subur,salah satunya program pembangunan di bidang agama,”jelasnya.

Lebih lanjut,kades juga menerangkan’agama adalah peningkatan pemahaman dan pembangunan nilai keagamaan dimasyarakat, diantaranya melalui musabaqoh ini meneguhkan kesuciannya, memperkuat keimanan dan memperluas pungsi edukatif kitab suci Al-Qur’an bagi umat muslim,Oleh karena itu,tema yang diangkat dalam musabaqoh Tilawatil Qur’an kali ini, tingkatkan kualitas SDM yang unggul dan Qur’ani untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan bermartabat.

“Saya menilai sangat tepat dengan kondisi saat ini setiap muslim harus menjadi pribadi unggul yang menguasai generasi ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat memberikan kemaslahatan masyarakat,ilmu pengetahuan merupakan indentitas generasi Qur’ani.

Generasi Qur’ani tidak hanya sekedar sanggup membaca Al-Qur’an tapi juga memahami kandungan agar bisa mengemiplentasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan ini, saya mengapresiasi kesiapan yang sangat baik dari lapisan masyarakat dusun selatan sebagai tuan rumah,dan saya sampaikan penghargaan tinggi pula kepada panitia pelaksana dan seluruh pihak yang telah mempersiapkan pembukaan kegiatan ini dengan baik,”ungkapnya.

Adapun cabang-cabang yang dilombakan pada MTQ Ke-VI tingkat Desa Dataran Pinang tahun 2024 sebagai berikut.
1.cabang Tartil Qur’an
2.cabang tilawah anak-anak
3.cabang tilawah dewasa
4.cabang adzan
5.cabang Pildacil

Reporter: M.Jun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini