Beranda Malang Raya Kota Batu Keterampilan Warga Kota Batu CV Bunga Melati Tembus Pasar Jepang

Keterampilan Warga Kota Batu CV Bunga Melati Tembus Pasar Jepang

115
0
Gambar : CV Bunga Melati, Dwi Lili Indayani mengadakan Kontrak kerjasama Eksklusif dengan Bond Syoji. Co. Itd. di saksikan sama Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. (23/1/2024).

IKNews, KOTA BATU – Creative Kokedama (CV Bunga Melati) berhasil menembus pasar Jepang. UMKM asal Kota Batu ini menandatangani kontrak kerja sama eksklusif bersama Bond Syoji, Co, ltd dari Jepang pada Selasa (23/01/24).

Kokedama adalah teknik menanam dari Jepang, yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah kemudian membungkusnya dengan moss (lumut) lalu mengikatnya dengan tali.

Berbeda dengan teknik kokedama ala Jepang, Creative Kokedama milik Dwi Lili Indayani ini berinovasi dengan mengganti media lumut dengan serabut kelapa Coco Viber. Serabut kelapa itulah yang kemudian dibalutkan ke media tanam hingga bundar seperti bola.

Inovasi ini yang membuat pihak jepang, Bond Syoji, Co, ltd begitu tertarik dengan produk miliknya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Senior Manager Development Bond Syoji, Hiroyuki Okubo.

Sebelumnya, pada November 2023, Creative Kokedama telah mengekspor 1 kontainer kokedama dengan jumlah 10.450 biji dan telah diterima pada bulan desember. Dengan adanya kontrak eksklusif ini, creative kokedama menargetkan pengiriman 2 kontainer dalam satu tahun.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, memberikan apresiasi atas terjalinnya kerja sama ini. Menurutnya, Pemerintah Kota Batu akan terus berkomitmen dalam memaksimalkan potensi UMKM yang ada di Kota Batu.

Selain di ekspor ke Jepang, produk-produk Creative Kokedama bisa ditemukan di beberapa outlet yang berada di Kota Batu, Kota Malang, Surabaya dan Jakarta, atau melalui platform Instagram @creative_kokedama.*

Reporter : Dwi Suryono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini