Beranda Nasional Gelar Penyeluhan Kekerasan Perempuan dan Anak, Kelurahan Muara Toba Libatkan Posbakumadin

Gelar Penyeluhan Kekerasan Perempuan dan Anak, Kelurahan Muara Toba Libatkan Posbakumadin

120
0
Gambar : Gelar Penyeluhan Kekerasan Perempuan dan Anak, Kelurahan Muara Toba Libatkan Posbakumadin, (13/11/2023).

IKNews, TOUNA – Pemerintah Kelurahan Muaratoba Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melalui Advokad Posbakomadin (Touna) menyelenggarakan penyuluhan hukum kepada masyarakat Senin, (13/11/2023).

Kegiatan penyuluhan hukum tersebut dilaksanakan di kantor Lurah muara toba rangka memperingati hari pahlawan 10 November tahun 2023. “Dengan semangat hari pahlawan mari mengawal hak-hak hukum bagi perempuan dan anak dalam memperoleh keadilan,” ucap Lurah Muara Toba Mohammad Sarfi.

Safri mengatakan permasalah yang menjadi perhatian yakni mengawal hak hukum perempuan dan anak karena dengan menyadari hal tersebut masyarakat mampu mengurangi dan mencegah tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Ini akan menjadi pedoman bersama guna menjamin ketentraman, ketertiban di wilayah kita,” ucap Safri.

Ia berharap penyeluhan hukum tersebut merupakan langkah awal dan akan sering dilakukan kedepannya.

Sementara itu Ketua Posbakomadin Touna Nasrun, S.H menyatakan kegiatan penyeluhan hukum yang digelar dengan tema “Mengawal Hak-Hak Hukum bagi Perempuan dan Anak dalam Memperoleh Keadilan”, merupakan amanat dan perintah UU dan menjadi tanggung jawab bersama semua pihak.

“Kegiatan ini kami lakukan selain program kami dengan Kemenkumham RI, ini juga amanat perintah UU,” jelas Bung Erik sapaan akrabnya.

Selain itu menurut Erik akhir-akhir ini perlu menjdi catatan semua pihak tingginya tindakan kekerasan anak dan perempuan di Touna.

Untuk itu Erik berharap, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara lebih meluas lagi melibatkan semua pihak dan semua Lembaga penegak Hukum yang ada Touna.

“Kita harus lebih dominan melakukan pencegahan sampai ke tingkat pelosok dengan banyak melakukan sosialisasi dan penyuluhan untuk meningkatkan pencegahan sedini mungkin, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” tutupnya.*

Reporter : Jefry Dako

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini