Beranda Nasional Peringati Haul Ibunda Hj Omi dan Eyang Keraton, Kang Jeler Gelar Tabligh...

Peringati Haul Ibunda Hj Omi dan Eyang Keraton, Kang Jeler Gelar Tabligh Akbar

155
0
Gambar : Serangkaian acara Houl ibunda HJ Omi Sekaligus Houl Eyang Keraton Di Villa H. Jeler, Kampung Babakan, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jumat (15/09/23) Wandi azis.

IKNews, BOGOR – Haul merupakan tradisi peringatan kematian seseorang yang diadakan setahun sekali dengan tujuan mendoakan ahli kubur agar semua amal ibadah yang dilakukannya diterima Allah sekaligus mengenang keteladanan semasa hidup dari tokoh yang diperingati tersebut.

Seperti halnya acara Haol Ibunda Hj. Omi, Ayahanda H. Arif Haol yang ke-4 sekaligus Haol Eyang Keraton yang digelar oleh Kang Jeler di Villa Kampung Babakan RT.04/RW 11 Desa Ciadeg Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jumat (15/09/23).

Acara diawali dengan Khatam Al-Quran, doa pembuka yang dipimpin oleh ulama setempat, santunan dan dilanjutkan dengan penampilan marawis, Tabligh akbar, Ziarah kubro, dan Tausiyah yang dihadiri oleh Habib Umar Bin Salim Al-Haddad (Pasuruan), Syeh Hakim TB. Agus Faujan (Mama pagentongan), Ki Maung Subang, H. Tutty Alawiyah serta Ormas Pemuda Pancasila.

Di kesempatan ini H. Jumhana yang akrab disapa Kang Jeler mengatakan bahwa acara Haol diawali dengan khatam Al-Quran dan acara lainnya.

“Acara ini digelar dari Jumat kemaren sampai Jumat sekarang, berarti sudah berjalan 8 malam, dan hari ini menjadi puncak acaranya, acara kali ini mulai dengan Khatam Al-Quran, santunan, dan nanti malam juga akan dilanjutkan dengan ziarah kubro yang dipimpin oleh Syeikh Hakim (Mama pagentongan) ada juga tausiyah dari para ulama salah satunya Ki Maung Subang,” ucapnya.

Lebih lanjut Kang Jeler juga menjelaskan bahwa Haol Ibunda Hj Omi ini sekaligus Haol Eyang Keraton. “Ini Haol yang utama yakni Haol ibunda HJ Omi dan sekaligus Haol Eyang Keraton, karena memang momennya sama, jadi di sini pernah ada yang kesurupan dan mengatakan jika mau melaksanakan Haol yakni Haolnya di bulan Syafar yang kebetulan meninggalnya beliau yaitu akhir Syafar hari Jumat jadi sekalian di Haolkan Eyang Keraton Sama Ibunda Hj Omi,” jelasnya.

Di tempat yang sama Hj Tutty Alawiyah menyampaikan bahwa kehadirannya di acara Haul tersebut untuk mempererat tali silaturahmi.

“Hari ini Saya menghadiri di acara Houl ibunda hj Omi, ibu dari Kang Jeler, walaupun telat karena adanya kegiatan tapi bunda menyempatkan diri untuk datang ke Cigombong ini yang tentunya luar biasa sekali dan silaturahmi kami tidak pernah putus, dan mudah-mudahan, apa yang dicita-citakan Kang Jeler dengan adanya acara houl ini menjadikan semakin berkah,” singkatnya.*

Reporter: Wandi azis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini