Beranda Daerah Yasti: Ditangan Olly Dondokambey Infrastruktur Pembangunan Sulut Alami Perubahan

Yasti: Ditangan Olly Dondokambey Infrastruktur Pembangunan Sulut Alami Perubahan

158
0
Yasti: Ditangan Olly Dondokambey Infrastruktur Pembangunan Sulut Alami Perubahan
Ketua BKMT Sulut, Yasti Mokoagow, saat Hadiri Semarak Muharram di Kotabitung

IKNews, BITUNG — Tak kurang dari 2000 (dua ribu) jamaah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan Ikatan Pengurus Haji Indonesia (IPHI) se Kota Bitung, hadir dalam semarak Muharram yang dilaksanakan Minggu (06/08/2023) di Kota Bitung.

Ketua BKMT Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, turut hadir sekaligus menyampaikan sambutannya dimana Sulut banyak mengalami perubahan dari sisi infrastrukturnya

Dikatakan Yasti, hal ini tidak lepas dari peran Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Perlu diketahui kata Yasti, saat dirinya dipercayakan duduk sebagai Ketua Komisi V DPR RI, Pak Olly Dondokambey, sangat berperan penting untuk mendatangkan anggaran di daerah Sulut.

“Saat itu saya sebagai Ketua Komisi V dan Pak Olly Dondokambey, wakil ketua badan anggaran. Sehingga sangat konek. Usulan masuk di Komisi V, dan kemudian Pak Olly berjuang lewat Banggar,” aku Yasti.

Yasti yang juga mantan Bupati Bolaang Mongondow periode 2017-2022, ini mencontohkan, seperti jalan tol Manado-Bitung. pada awalnya dibahas di Komisi V dan kemudian disetujui. Setelah itu anggarannya dibahas bersama tim Banggar DPR RI.

Sebagai Ketua Komisi V saat itu kata Ketua BKMT Sulut ini, tahu persis tentang master plan tol Manado-Bitung, dengan bertujuan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia 2011-2025. Selain itu peningkatan pelabuhan Bitung menjadi pelabuhan internasional untuk melayani kegiatan ekspor-impor dari dan ke wilayah provinsi Sulawesi Utara.

“Proyek ini telah dicantumkan sebagai proyek prioritas Kementerian Koordinator Perekonomian sejak tahun 2015,” paparnya.

Jalur Manado Bitung lanjutnya, dilihat kepadatannya dan tidak memiliki alternatif langsung sehingga menyebabkan peningkatan waktu tempuh perjalanan dan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana penghubung untuk mendorong pergerakan penumpang dan barang dari Kota Manado sebagai pusat kegiatan perekonomian ke Kota Bitung.

Proyek Pembangunan Jalan Tol antara Manado-Bitung nilai investasi mencapai Rp 8,745 triliun dilakukan dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas antar wilayah di Provinsi Sulawesi Utara.

Selain tol Manado Bitung dan pelabuhan, Yasti juga membeberkan tentang proyek Bandara Bolmong saat ia masijndi Komisi V. Proyek Bandara Bolmomg saat sedang dalam proses pembangunan.

Nama Yasti Soepredjo Mokoagow merupakan politisi Sulut. Ia pernah terpilih sebagai Bupati Bolaang Mongondow periode 2017-2022. Sebelumnya perna menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) selama dua periode yakni 2009-2014 dan 2014-2016.

Saat duduk di DPR RI, Yasti dipercayakan sebagai Ketua Komisi V dari 2010–2013.

Komisi V memiliki mitra dengan sejumlah Kementerian. Seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Badan Penanggulangan Lumpur Sidoardjo (BPLS), Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS), Otorita Ibu Kota Nusantara, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Bidang Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Reporter: Matt Nasaru

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini