Beranda Kabupaten Kaur Meriahkan Malam Idul Fitri, Warga Tanjung Besar Pawai Keliling

Meriahkan Malam Idul Fitri, Warga Tanjung Besar Pawai Keliling

93
0
Gambar : Pemuda desa Tanjung Besar melakukan pawai keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

IKNews, KAUR – Dengan antusias yang tinggi seperti diketahui, pemerintah melalui Kemenag menetapkan 1 syawal 1444 H jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Keputusan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu 22 April 2023 diambil setelah proses pemantauan hilal dan sidang isbat di Kantor Kemenag RI di Jakarta pada Kamis 20 April 2023.

Dalam pemantauan hilal, hampir mayoritas daerah di Indonesia tak melihat hilal sebagaimana kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura), yakni tinggi hilal harus 3 derajat.

Karena itu, puasa Ramadan digenapkan menjadi 30 hari. Sehingga, 1 syawal 1444 H sekaligus Sholat Ied akan dilaksanakan pada Sabtu 22 April 2023.

Kepala Desa Tanjung Besar, Apen mengatakan bahwa masyarakat Tanjung Besar pada malam ini tumpah ke jalan dengan menyebut Asma Allah tanda peperangan melawan hawa nafsu selama 1 bulan sudah berakhir, dan disambut dengan gema takbir.

Apen juga menyampaikan bahwa “sebagaimana kita ketahui bersama bahwa selama 2 dekade kita tidak bisa melaksanakan acara seperti ini dikarenakan wabah virus Corona yang melanda, malam ini adalah kegembiraan umat Islam, maka malam ini kita meriahkan semeriah mungkin,” sebelum menutup perbincangan tutup Apen menyampaikan atas nama pemerintahan desa Tanjung Besar kecamatan Kaur Selatan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir Batin.*

Reporter : Pachroul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini