Beranda Malang Raya Kabupaten Malang DPRD Malang Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Malang Tahun 2023, Sampaikan...

DPRD Malang Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Malang Tahun 2023, Sampaikan 6 Prioritas

36
0
Gambar. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M. menyerahkan LKPJ yang telah ditandatangani kepada Ketua DPRD Malang, Darmadi. (28/3/24).

IKNews, MALANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang menggelar rapat paripurna, dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Malang Tahun 2023, Kamis (28/3/2024) diselenggarakan di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

Hadir dalam rapat paripurna kali ini, Bupati Malang H. M Sanusi,M.M, Wabup Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH. M. H., Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, S. Sos, Wakil Ketua DPRD, Ir. H. M. Kholiq, Pj Sekda Kabupaten Malang dan beberapa kepala OPD, Camat dan anggota DPRD Kabupaten Malang.

Mengawali pelaksanaan Rapat Paripurna, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Malang, Darmadi, S. Sos, membacakan mengenai agenda pembahasan yang akan dilakukan. Termasuk, mengenai jalannya pelaksanaan rapat hingga peserta yang hadir. “Rapat terbuka untuk umum,” ucap Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M. dalam sambutannya mengatakan bahwa Penyampaian LKPJ Bupati Malang Tahun 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, merupakan proses evaluasi tahunan atas pelaksanaan RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2021-2026, yang dituangkan dalam Peraturan Bupati Malang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dengan tema Pembangunan yaitu “Pembangunan Pariwisata Kreatif (pariwisata dan industri kreatif) Berbasis Komunitas dan Budaya Lokal”.

Selanjutnya Sanusi, Bupati Malang menyebutkan ada 6 prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang meliputi beberapa poin, yaitu :

1. Percepatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor andalan dan mendorong sektor industri, perdagangan dan pemberdayaan masyarakat serta ekonomi kreatif.

2. Peningkatan pembangunan infrastruktur yang merata untuk mendukung perekonomian dan pariwisata serta peningkatan daya saing daerah.

3. Peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan dalam rangka mewujudkan sumberdaya manusia yang produktif dan berdaya saing.

4. Peningkatan pelayanan publik melalui reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif

5.Peningkatan ketentraman, ketertiban dan kerukunan masyarakat dengan mengangkat kebudayaan dan kearifanlokal serta penegakan hukum.

6.Peningkatan kualitas dan fungsi
lingkungan hidup serta ketahanan terhadap bencana dan perubahan iklim.

Sanusi, Bupati Malang menyampaikan pencapaian prioritas pertama adalah percepatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor andalan dan mendorong sektor industri, perdagangan dan pemberdayaan masyarakat serta ekonomi kreatif, dengan capaian sebagai berikut:

1. Kunjungan Wisatawan Nusantara dan Mancanegara sebanyak 3.115.081 orang.
2. Nilai tambah hasil produksi Pertanian berdasarkan kontribusi PDRB, sektor Tanaman Pangan sebesar 2,37%, sektor
Hortikultura 3,86%, sektor Perkebunan 1,48%, sektor Perikanan 1,62%, dan sektor Peternakan 4,84%.
3. Jumlah Wirausaha baru Mikro dan Kecil berdasarkan Pertumbuhan Usaha Mikro sebesar 0,49% dan Koperasi Aktif 78,17%.
4. Pertumbuhan PDRB Kategori Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 21,18% dan Pertumbuhan PDRB Kategori Industri Pengolahan sebesar 35,42%

Lebih lanjut penyampaian kedua Sanusi, Bupati Malang  mengatakan laporan Pembiayaan Daerah. Dalam laporannya, Bupati menyebutkan bahwa Penerimaan Pembiayaan dianggarkan sebesar Rp 216.131.392.318 yang terealisasi 100 persen dan bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) tahun lalu. Sedangkan untuk Pengeluaran Pembiayaan, dianggarkan sebesar Rp12.000.000.000 dan juga terealisasi 100 persen.

Selanjutnya penyampaian ketiga, Sanusi, Bupati Malang menjelaskan prestasi Pemerintah Kabupaten Malang dalam peningkatan pelayanan publik melalui
reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif, dengan capaian antara lain:
1. Predikat BB Nilai SAKIP 75,22, Opini BPK predikat WTP, Nilai LPPD Tinggi pada Tahun 2022 dan Indeks Integritas Pemerintah Kabupaten Malang sebesar 76,72.
2. Indeks Profesionalitas ASN sebesar 75,49.
3. Persentase PAD terhadap Total Pendapatan sebesar 19,23%.
4. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 85,71.
5. Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebesar 3,36.

Capaian keberhasilan tahun 2023 sebagai implementasi RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2021-2026 secara umum telah sesuai target yang ditetapkan. Salah satu kebijakan pariwisata yang terus dijalankan Pemerintah Kabupaten Malang adalah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari, dan selanjutnya telah siap beroperasi berdasarkan Keputusan Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penetapan Beroperasi Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari,” kata Sanusi, Bupati Malang.

Sementara Sanusi, Bupati Malang menjelaskan pencapaian Indikator kinerja utama Kabupaten Malang sebagai gambaran pencapaian Visi dan Misi Daerah sebagai berikut:
– Persentase Penurunan Kasus Konflik Sosial dan Keagamaan yang ditangani mencapai 37,90%
– Indeks Reformasi Birokrasi sebesar 75,16.
-Persentase Desa Mandiri mencapai 79,89%.
– Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sebesar 69,34.
– Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 73,00
– Persentase Kontribusi Pendapatan Sektor Pariwisata terhadap PAD mencapai 4,617%.
– Tingkat kesejahteraan masyarakat ditunjukkan dengan Pendapatan Perkapita Riil (ADHK) sebesar Rp47.270.000,00 -Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5%, dengan Indeks Pembangunan Gender (IPG)
sebesar 88,35.
– Persentase Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,70%.
– Persentase Penduduk Miskin sebesar 9,45%.
– Indeks Gini tahun 2023 sebesar 0,378.

“Hadirin Peserta Rapat Paripurna Dewan yang terhormat, dalam kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malang, atas dukungannya sehingga sepanjang tahun 2023 dengan berbagai tantangan yang ada, Kabupaten Malang masih mampu meraih 345 prestasi Internasional, Nasional, Regional Jawa Timur, dan lembaga independen baik yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah secara kelembagaan, maupun tokoh dan elemen masyarakat
Kabupaten Malang secara kelompok atau perorangan,” ucap Sanusi, Bupati Malang.

Meskipun berbagai prestasi telah diraih, Sanusi, Bupati Malang mengingatkan agar semua pihak tidak terbuai dan berharap prestasi tersebut dijadikan sebagi pemacu untuk terus berkarya untuk pembangunan Kabupaten Malang kedepan.

“Banyaknya penghargaan dan prestasi dimaksud bukanlah tujuan utama, namun lebih memotivasi dan memacu daya saing kita untuk berkompetisi secara sehat, dan membiasakan berpikir secara kreatif dan bertindak secara sistematis, efektif, dan efisien sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Malang,” pungkasnya.(dws).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini